Bansos Rastra Bakal Diganti BPNT

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO (KRjogja.com) – Bantuan sosial (Bansos) beras sejahtera (Rastra) yang selama ini diberikan kepada warga miskin dengan harga murah, bakal diganti dengan program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Bantuan diberikan dalam bentuk Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) atau kartu kumbo, sejenis kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

“Hanya saja jika kartu ini digesek, keluarnya bukan uang tapi stuk dan dapat ditukar dengan beras dan telur yang disediakan,” kata Kabid Sosial pada Dinas Sosial Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak  Purworejo Dra Sri Lestari MSi, Sabtu (20/1).

BPNT ini menurut Sri Lestari akan diberikan secara serentak kepada 54.975 keluarga miskin peneriama batuan mulai Maret nanti. Sedang bulan Januari dan Februari masih meneruskan program lama berupa Bansos Rastra dengan tebusan Rp 1.600 per kg.

“Mulai bulan Maret nanti setiap keluarga miskin akan mendapatkan kartu kumbo dengan nilai Rp 110.000 per KK,” jelasnya.

Penggesekan kartu kumbo dapat dilakukan di e-warong  yang disediakan. Hanya saja saat ini baru tersedia 10 e-warong, dan akan segera didirikan 49 e-warong baru hingga jumlahnya akan menjadi 59 e-warung.(Nar)

 
 

BERITA REKOMENDASI