Bantu Gizi 90 Desa di Indonesia, Aisyiyah Peduli Ibu Hamil dan Menyusui

MAGELANG (KRJogja.com) –  Aisyiyah memberikan perhatian pada pemberian bantuan asupan gizi pada ibu hamil dan menyusui, dalam masa pandemic covid-19 ini. Pemberian bantuan ibu hamil dan menyusui dilakukan serentak secara simbolis di 15 kabupaten dalam 6 provinsi di seluruh Indonesia, Rabu (29/4).  Sementara di setiap kabupaten mencakup 6 desa sehingga terdapat 90 desa. Sebagai organisasi perempuan yang memperhatikan gizi ibu hamil dan tumbuhkembang  balita, Aisyiyah pun kemudian memberikan perhatian pada pemberian bantuan pokok gizi tersebut.

Sekretaris PP Aisyiyah sekaligus Koordinator MAMPU Aisyiyah Dr Tri Hastuti Nur Rochimah mengemukakan hal tersebut, Rabu (29/4) usai penyerahan bantuan secara simbolis di Kabupaten Magelang. Menurutnya, kekurangan gizi ibu hamil dan kemudian berlanjut pada kelahiran bayi stunting masih cukup tinggi di Indonesia.   Untuk itu dalam masa pandemic ini Aisyiyah secara bertahap memberikan bantuan asupan gizi ibu hamil dan menyusui.

Dukungan pemberian makanan bergizi untuk ibu hamil dan ibu menyusui ini dilaksanakan antara lain di Kabupaten Ngawi, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Cilacap, Kabupaten Bantaeng, Kabupaten Blitar, Kabupaten Demak, Kota Tegal, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Pangkep, Kabupaten Magelang, Kabupaten Mempawah, Kabupaten Sambas, Kabupaten Mamuju. Bentuk asupan gizi yang diberikan seperti kacang hijau, abon ikan, telor dan susu sebanyak 3.600 paket.

Tri Hastuti menjelaskan, saat ini bantuan bencana cukup banyak disalurkan baik oleh pemerintah, instansi, swasta maupun ormas. Namun dalam situasi situasi bencana bantuan sering disamaratakan. “Keberadaan ibu hamil dan menyusui sering kurang mendapat perhatian khusus. Padahal mereka sedang berjuang menjalankan peran reproduksi untuk menyiapkan generasi yang sehat di masa mendatang,” ujar Sekretaris PP Aisyiyah.

BERITA REKOMENDASI