Bantuan Berdatangan di Dapur Umum Logistik Covid-19

KEBUMEN, KRJOGJA.com – Penyelenggaraan dapur umum BPBD (Badan Penanggulangan  Bencana Daerah) dan PMI Kebumen untuk penyediaan 1.350 porsi makan/hari bagi  ratusan santri pondok pesantren (ponpes) Kebumen yang tengah menjalani isolasi mandiri, mendorong datangnya banyak dukungan dari warga masyarakat di Kebumen.

“Dukungan tersebut diantaranya berupa bantuan berupa bahan pangan seperti  sayur mayur, lauk pauk dan buah, yang mulai berdatangan ke markas kami sejak kemarin, Selasa (29/09/2020),” ujar Sekretaris PMI Kebumen, Salim Wazdy MPd, di Markas PMI Kebumen, Rabu (30/09/2020).

Paket bantuan yang telah diterima di Markas PMI Kebumen tersebut diantaranya  1 ton semangka dari seorang kepala desa di Kecamatan Mirit Kebumen, 8 karung  sayur mayur dari sebuah lembaga di Kebumen dan puluhan bungkus makanan matang  dari 2 pengusaha Kebumen setiap sore hari.

“Kami sangat berterima kasih atas bantuan dan perhatian yang diberikan oleh sejumlah pihak di Kebumen atas terselenggaranya dapur umum ini. Mengalirnya  bantuan masyarakat tersebut sangat berarti untuk mendorong semangat kami selaku penyelenggara para relawan yang terlibat di dalamnya,” ujar Salim.

Menurut Salim, dapur umum yang bertempat di Markas PMI Kebumen terwujud dari  hasil bahu membahu BPBD dengan PMI dan relawan dari berbagai elemen masyarakat Kebumen. Mekanisme kerjanya, penyediaan dan peracikan bahan mentah serta pengolahannya dilakukan oleh PMI Kebumen, pengemasan masakan oleh PMI, BPBD dan para relawan. Serta, penyaluran bantuan oleh BPBD Kebumen. “Soal menu kami upayakan selalu bervariasi dengan mempertimbangkan kebutuhan  gizi dan empat sehat lima sempurna. Untuk soal ini kami sudah cukup memiliki  pengalaman penyediaan logistik dari sejumlah bencana alam sejak bertahun-tahun lalu,” ujar Salim.(Dwi)

BERITA REKOMENDASI