Banyak Keluarga di Purworejo Hidup Tanpa Jamban

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO (KRjogja.com) – Warga masyarakat di wilayah Kabupaten Purworejo hingga kini ternyata masih banyak yang tidak memiliki jamban keluarga. Kondisi ini sangat berpengaruh terhadap taraf kesehatan masyarakat. Terlebih mereka hanya memanfaatkan aliran sungai atau tempat lain untuk buang hajat.

“Di desa ini saja ada sekitar 45 keluarga yang tidak memiliki jamban,” kata Kepala Desa/Kecamatan Butuh Purworejo, Paimun, Selasa (18/10/2016).

Untuk memenuhi kebutuhan itu, sekaligus untuk menjaga kesehatan warga, Desa Butuh mengajukan usulan pembangunan 45 jamban bagi keluarga kurang mampu. “Tapi belum semua terpenuhi,” jelasnya.

Selain memanfaatkan aliran sungai lanjut Paimun, beberapa keluarga juga sekedar  membuat lubang besar yang dimanfaatkan untuk pembuangan. Pemanfaatkan kakus ini sebenarnya tidak direkomendasikan karena menyangkut aspek kesehatan.

Mendapati kondisi ini, Kodim 0708 Purworejo langsung turun tangan. Sekaligus menindaklanjuti program TNI AD tentang pembangunan sejuta jamban. “Setiap Koramil membangun 10 jamban di tempat yang telah ditentukan,” kata Dandim Purworejo, Letkol (Inf) Aswin Kartawijaya. (Nar)

BERITA REKOMENDASI