Banyak Tanaman di Sekitar Bisa Jadi Obat

Editor: Ivan Aditya

MAGELANG, KRJOGJA.com – Tidak sedikit masyarakat yang belum mengetahui kalau beberapa tanaman yang tumbuh di sekitar memiliki khasiat atau manfaat bagi kesehatan atau obat. Tidak sedikit pula yang langsung mencabut dan membuangnya lantaran dianggap sebagai tanaman liar yang tidak bermanfaat.

Hal ini dibenarkan Ketua Forum Petani Multikultur Indonesia (FPMI) Istianto dan Ketua Muhammadiyah Tobacco Control Centre (MTCC) Universitas Muhammadiyah Magelang (Unimma) Dr Dra Retno Rusdjijati MKes kepada disela-sela kegiatan Sekolah Tani Mandiri Muhammadiyah (STMM) yang dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 2 Mertoyudan Magelang, Jumat (21/01/2022). “Ternyata tanaman obat ini bisa tumbuh pada ketinggian berapa pun, baik di dataran tinggi maupun dataran rendah,” kata Retno Rusdjijati.

Istanto secara terpisah mengatakan selama ini ada peserta yang belum mengetahui kalau beberapa tanaman yang tumbuh di sekitar merupakan jenis tanaman herbal dan memiliki manfaat bagi kesehatan. Tanaman herbal di wilayah Magelang sangat banyak, yang selama ini masyarakat belum mengetahuinya.

Dengan adanya pelatihan seperti ini, masyarakat akan menjadi tahu dan dapat langsung dipraktekkan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan secara organik. Bahkan ada diantara tanaman herbal tersebut yang memiliki nilai ekonomi cukup tinggi.

Dalam kegiatan Sekolah Tani Mandiri Muhammadiyah di SMK Muhammadiyah 2 Mertoyudan Magelang, Jumat (21/01/2022) Gunawan tidak hanya memberikan penjelasan di dalam ruang kelas, tetapi juga melengkapinya dengan praktik, baik cara penanaman beberapa jenis tanaman herbal maupun lainnya. Gunawan juga memberikan penjelasan beberapa tanaman herbal yang memiliki manfaat untuk kesehatan.

Ini seperti tanaman Sirih, yang kegunaannya bisa untuk mengobati mimisan, pembersih mata gatal atau mata memerah, menghilangkan bau badan. Juga tanaman Sambung Nyowo, yang kegunaannya antara lain untuk obat rematik, influensa, nyeri haid. Tanaman Sambang Darah, kegunaannya antara lain untuk mengobati muntah darah, haid berlebihan dan luka berdarah.

Dikatakan, Indonesia merupakan negara tropis, memiliki sumberdaya hayati, aneka flora nomor 2 setelah Brazil. Di dunia ada 40 ribu spesies tumbuhan, dan 30 ribu tumbuh di Indonesia. Sebanyak 940 spesies diantaranya memiliki khasiat obat, dan 180 spesies merupakan bahan baku untuk industri bahan jamu. (Tha)

BERITA REKOMENDASI