Banyak Warga ‘Mbandel’, Polres Magelang Bergerak Bagikan Masker

MAGELANG, KRJOGJA.com – Hingga Selasa (18/8/2020) masih ditemui adanya warga yang tidak memakai masker. Tidak hanya di satu lokasi, tetapi di beberapa lokasi. Hal ini memperoleh perhatian tersendiri bagi Polres Magelang. Saat berada di daerah Blondo Mungkid Magelang, Kapolres Magelang AKBP Ronald A Purba SIK MSi bersama Waka Polres Magelang Kompol Aron Sebastian SIK MSi menyerahkan masker kepada masyarakat yang tidak memakai masker serta menyerahkan paket makan siang.

Kepada KRJOGJA.com usai menyerahkan masker dan makan siang, Kapolres Magelang diantaranya mengatakan Polri tetap memiliki tanggungjawab untuk melaksanakan protokol kesehatan agar dipatuhi masyarakat. Yang dapat dikerjakan sekarang adalah mendisiplinkan secara humanis kepada masyarakat untuk tetap memakai masker.
Penyerahan masker dan paket makan siang tidak hanya dilakukan di wilayah Blondo Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang, tetapi juga di beberapa lokasi di wilayah Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang. Edukasi pemakaian masker juga dilakukan, diantaranya oleh Kabag Ops Polres Magelang Kompol Maryadi dan Kasat Sabhara Polres Magelang AKP Bambang S SSos.

Penyemprotan cairan desinfektan menggunakan kendaraan Armoured Water Cannon (AWC) Sat Sabhara Polres Magelang juga dilakukan, diantaranya untuk meminimalisir dan memutus mata rantai berkembangnya Virus Corona atau Covid-19, terutama di daerah-daerah atau wilayah kecamatan yang masih masuk kategori ‘merah’. Ini menjadi perhatian khusus Polres Magelang.

“Sehingga disini ada penekanan-penekanan langsung dari Polres Magelang,” tambah Kapolres Magelang.

Secara terpisah Kabag Ops Polres Magelang menambahkan ada sekitar 250 paket makan siang yang dibagikan, Selasa, diantaranya dibagikan di wilayah Salaman Magelang 100 paket dan di wilayah Blondo Mungkid serta beberapa lokasi di wilayah Kecamatan Mertoyudan Magelang sebanyak 150 paket. Selain itu juga diserahkan banyak masker. Juga dilakukan penyemprotan 11 ribu liter cairan desinfektan dalam rangkaian kegiatan ini.

Kegiatan ini juga dalam rangka melaksanakan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19, baik dalam bentuk himbauan, pembagian masker, penertiban pemakaian masker dan juga kegiatan pencegahan yang dilakukan diantaranya dengan penyemprotan disinfektan.

“Kita juga peduli terhadap pekerja yang tidak sempat pulang ke rumah untuk makan siang, kita siapkan dapur umum,” tambahnya.

Sementara itu Kapolsek Mertoyudan Magelang Kompol Panca Widarsa SH secara terpisah kepada KRJogja.com membenarkan masih ada masyarakat yang tidak memakai masker. Mengetahui hal ini, warga tersebut juga langsung diberi masker untuk dipakai. Ini seperti yang dilakukan saat berada di sekitar sebuah pasar, Selasa. Kegiatan lain juga dilakukan, diantaranya untuk meminimalisir dan memutus mata rantai penyebaran dan penularan Covid-19.(Tha)

BERITA REKOMENDASI