Bappeda Kebumen Umumkan Nominasi Calon Pemenang Riset Unggulan Daerah

Editor: Ivan Aditya

KEBUMEN, KRJOGJA.com – Ditengah Ramadhan dan pandemi Corona, Badan Penelitian Perencanaan dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Kebumen mengumumkan nominasi pemenang program Riset Unggulan Daerah (RUD) Kabupaten Kebumen Tahun 2020. Dalam pengumuman yang ditandatangani Kepala Bappeda Kebumen, Ir Puji Rahaju, pada Selasa (12/05/2020), 12 orang dinyatakan lulus seleksi substansi proposal RUD Kebumen Tahun 2020.

Sebelum tahap seleksi substansi proposal, Panitia berhasil menyelesaikan tahap seleksi administrasi. Terdapat 21 orang yang dinyatakan lulus administrasi. Selanjutnya, dari 21 orang tersebut Panitia menetapkan 12 orang berhasil lulus seleksi substansi proposal sekaligus sebagai
nominator pemenang program RUD Kebumen 2020.

Adapun 3 besar nominator berdasarkan urutan nilai yang diperoleh, masing-masing Novanda Alim Setya Nugraha MHum dari Desa Adiluhur Adimulyo Kebumen, dengan nilai 1.290. Judul proposal Novanda adalah Pengembangan Sistem Big Data Peternakan Sapi Berbasis Dual Layer Apps dan Machine Learning di Kabupaten Kebumen.

Kemudian, Nunur Nuraeni MP dari Kebanaran Tamanwinangun Kebumen dengan nilai 1265, dengan proposal Analisa Produksi dan Populasi Sapi PO Kebumen Dalam Memenuhi Kebutuhan Daging Sapi di Kabupaten Kebumen. Nominator ketiga adalah Anjar Prasetyo MSi dari Kota Magelang dengan nilai 1245, proposalnya Analisis Perencanaan Strategis Grand Desain Pembangunan Kependudukan Kabupaten Kebumen.

Selain dari Kebumen dan Magelang, dalam daftar nominator juga terdapat peserta dari Bogor Jawa Barat, Kota Semarang, Sumedang Jawa Barat dan Banyumas. Selain tema tentang sapi dan kependudukan, para nominator juga menyajikan tema tentang pemetaan dan distribusi kepokmas, persoalan putus sekolah pada jenjang pendidikan dasar 9 tahun.

Juga, strategi menghidupkan kembali pasar tradisional di tengah persaingan online shop. Tahapan selanjutnya para nominator akan mengikuti seleksi paparan atau pembahasan proposal pada 3 sampai 4 Juni 2020. Seleksi tersebut untuk menentukan pemenang lomba. (Dwi)

BERITA REKOMENDASI