Barongsay dan Liong Samsi Meriahkan Imlek di Artos Mall

Editor: KRjogja/Gus

MAGELANG (KRJogja.com) – Semarakkan Tahun Baru Imlek 2569 tahun 2018, kesenian Barongsay dan Liong Samsi tampil di Artos Mall Magelang, Jumat (16/2/2018). Hal ini memperoleh perhatian pengunjung. Bahkan sebelum atraksi dimulai, sudah banyak pengunjung yang datang dan menempati lokasi sesuai dengan keinginannya.

Sekitar pukul 10.30 atraksi Barongsay dilakukan di areal Atrium Artos Mall. Dengan penuh kelincahannya, Barongsay tampil di atas beberapa tiang besi yang disediakan khusus. Tidak hanya di areal Atrium Artos Mall, sekitar pukul 14.00 Barongsay dan Liong Samsi melakukan atraksi keliling dengan mengunjungi beberapa tenant. Dengan penuh kelincahan, beberapa angpau di areal depan toko mampu diambilnya dengan mudah.
 
Lay See atau gerakan singa memakan angpao berisi uang itu menjadi daya tarik tersendiri bagi penonton. Saat Barongsay berhasil memakan angpao, tidak jarang penonton bertepuk tangan. Selain itu tidak sedikit pula pengunjung yang ingin berfoto dengan Barongsay, meskipun hal itu juga dapat menyulitkan pemain Barongsay untuk melakukan gerakannya. Petugas keamanan mall dibuat repot untuk menyibak kerumuman penonton. Barongsay butuh tempat untuk melakukan atraksinya.

Public Relation Artos Mall Dian Indri Cahyani kepada wartawan mengatakan dalam merayakan Imlek 2018 ini Artos Mall memang sengaja menghadirkan Acrobatic Liong Dance yang merupakan bagian dari rangkaian acara perayaan Imlek. Acrobatic Liong Dance dipentaskan oleh sasana Barongsay Singa Emas Tempat Ibadat Tri Dharma (TITD) Liong Hok Bio Magelang. Selain melakukan atraksi di area Atrium Artos Mall, Barongsay juga mengelilingi area Artos Mall, mulai dari lower ground, ground floor, hingga upper ground.

Marketing Manager Artos Mall Saparina Tri Hapsari menambahkan Acrobatic Liong Dance ini merupakan event tahunan Artos Mall. Penampilan ini selain untuk menghibur masyarakat, juga untuk memperkenalkan budaya Tionghoa kepada masyarakat.

Rangkaian kegiatan ini masih akan berlangsung hingga Cap Go Meh, 2 Maret 2018 mendatang. Masyarakat Magelang yang belum sempat menonton Acrobatic Liong Dance ini tidak perlu kecewa, karena Acrobatic Liong Dance akan digelar kembali pada tanggal 3 Maret 2018 mendatang.
Dalam pertunjukan kali ini Artos Mall menergetkan 40.000 pengunjung. "Jumlah tersebut bertambah jika dibanding tahun lalu, dengan pengunjung sebanyak 36.885. Dengan bertambahnya jumlah pengunjung, diharapkan penjualan tenant juga ikut naik", terangnya.

Untuk memberikan kenyamanan maksimal kepada pengunjung, pihak Artos Mall meningkatkan fasilitas, mulai dari area parkir hingga fasilitas kemanan. "Dari pihak pengamanan, kita tambah personil security. kemudian dari public area juga sudah memastikan kemanan fasilitas mall sehari sebelumnya", tambah Saparina. (Tha)

 

BERITA REKOMENDASI