Baru Capai 10 Persen, Polri Bantu Percepat Vaksinasi

Editor: Agus Sigit

Kepala Dinas Kesehatan Supardjo mengatakan target vaksinasi di Temanggung sekitar 473 ribu tetapi sampai saat ini baru tercapai 53 ribu, atau sekitar 10 persen. Rata-rata harian vaksinasi 2400 vaksinasi sedangkan target 2790 per hari.

” Capaian ini masih sangat jauh, sehingga dicoba dipercepat. Percepatan tidak perlu gas pol sebab hanya kurang sedikit. Bila vaksin ada bisa memenuhi target,” kata dia.

Hampatan vaksinasi, kata dia, bukan pada tenaga medis (nakes), sebab nakes telah siap vaksinasi pagi hingga malam hari, tetapi pada ketersediaan vaksin yang lambat dari Kementerian Kesehatan.

Diterangkan, kadang-kadang dalam satu minggu Dinkes menerima vaksin, tetapi kadang-kadang tidak. Secara teori setelah vaksinasi data langsung dimasukkan ke aplikasi smile, sehingga terbaca stok di Temanggung menipis untuk kemudian mendapat drop.

“Tetapi meski data sudah dimasukkan, vaksin belum juga datang,” kata dia sembari menambahkan vaksinasi yang digelar Polri dan TNI turut membantu dalam percepatan vaksinasi di Temanggung. (Osy)

 

BERITA REKOMENDASI