Bawaslu Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif untuk kesuksesan Pemilu 2024

Editor: Ary B Prass

 

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Ketua Bawaslu Kabupaten Temanggung Erwin Nurachmani Prabawanti mengatakan kesuksesan pemilu tidak hanya diukur dari besarnya partisipasi masyarakat menyalurkan hak suara.

“Namun, juga peran masyarakat dalam aspek pengawasan. Sehingga nilai demokrasi terjaga, pemilu benar-benar menghasilkan sosok yang bisa dipertanggungjawabkan,” kata Ketua Bawaslu Kabupaten Temanggung Erwin Nurachmani Prabawanti, Jumat (26/22/2021).

Dia mengatakan itu ditemui disela ‘sosialisasi pengawasan partisipatif’ yang digelar Bawaslu Provinsi Jateng dan Bawaslu Kabupaten Temanggung di Temanggung. Mereka yang menjadi peserta adalah organisasi kepemudaan dan ormas-ormas di Kabupaten Temanggung.

Dikatakan Erwin, Bawaslu menganggap partisipasi publik sebagai nyawa dalam proses pengawasan. Maka itu dengan melibatkan banyak orang, mencegah potensi pelanggaran akan semakin maksimal.

“Bawasalu tidak pernah berhenti bekerja sama dengan semua pihak, untuk terlibat dalam pengawasan pemilu,” kata Erwin.

Dia menyampaikan pengawasan partisipatif pemilu yang dilibatkan Bawaslu di Temanggung antara lain mulai mahasiswa, lembaga pemerintah, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan kepemudaan serta komunitas.

 

BERITA REKOMENDASI