Bawaslu Magelang Luncurkan Buku ‘Melawan Money Politics’

MAGELANG, KRJOGJA.com – Bawaslu Kabupaten Magelang meluncurkan Buku "Melawan Money Politics, Catatan Pengawasan Pemilu 2019" di Kantor Bawaslu Kabupaten Magelang, Kamis (19/12/2019). Buku ini nantinya juga akan dibagikan kepada banyak pihak, termasuk pemerintah daerah maupun lainnya.

Kepada wartawan saat peluncuran buku, Ketua Bawaslu Kabupaten Magelang M Habieb Shaleh SS diantaranya mengatakan lewat buku Melawan Money Politics ini, Bawaslu Kabupaten Magelang berusaha membangun Gerakan Anti Money Politics di tengah masyarakat.

Selain lewat buku, lanjutnya, gerakan ini juga dibangun Bawaslu dengan pemanfaatan kesenian tradisional, stikerisasi dan lainnya. Edukasi politik ini merupakan strategi untuk membangun dan membangkitkan kesadaran masyarakat.

Didampingi para anggota Bawaslu Kabupaten Magelang, Habieb menambahkan buku Melawan Money Politics ini diterbitkan salah satu tujuannya untuk menumbukan budaya literasi masyarakat, khususnya terkait penyelenggaraan pemilu.

Buku ini terdiri dari beberapa tulisan karya komisioner dan staf Bawaslu Kabupaten Magelang. Satu komisioner menulis minimal 2 tulisan dan setiap staf menulis 1 tulisan. Sesuai tema, seluruh tulisan buku ini membahas politik uang dari berbagai sisi, berdasarkan data-data dan fakta selama kontestasi Pemilu 2019.

Buku Melawan Money Politics ini istimewa karena prolog ditulis Ketua Bawaslu RI Abhan SH MH. Bawaslu Kabupaten Magelang mengupas tuntas politik uang dari berbagai sisi dalam buku ini. Buku ini dibuka dengan tulisan Melawan Money Politics Berbasis Keluarga.
Keluarga menjadi elemen penting strategi Bawaslu Kabupaten Magelang dalam mencegah dan melawan politik uang. (Bag)

BERITA REKOMENDASI