Bawaslu Purworejo Petakan Indek Kerawanan

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Pengawasan Pilkada di masa pandemi Covid-19 sangat berbeda dengan situasi normal. Bahkan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Purworejo melakukan pemutakhirkan Indeks Kerawanan Pilkada (IKP) 2020.

“Hasil pemutakhiran ini akan kita manfaatkan untuk navigasi dalam pengawasan Pilkada lanjutan yang tahapannya sudah dimulai,” kata Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Purworejo Anik Ratnawati SPd, Rabu (01/07/2020).

Di sela-sela rakor dalam jaringan (Daring) finalisasi IKP di Kantor Bawaslu setempat Anik Ratnawati menjelaskan, bahwa Bawaslu RI meng-update domain dan sub domain IKP yang disesuaikan dengan kondisi saat ini.

Dalam pemutakhiran ini katanya, Bawaslu Purworejo melakukan kerjasama dengan KPU dan Polres Purworejo, termasuk juga dengan media. “Data yang dimutakhirkan itu sebagian besar berkaitan dengan situasi pandemi Covid-19,” tandasnya.

Dikatakan pula, bahwa dalam situasi pandemi Covid 19 menjadi variabel baru yang digunakan untuk menentukan tingkat kerawanan dalam pengawasan Pilkada 2020. Beberapa di antaranya jumlah kasus positif, pasien positif yang meninggal akibat Covid-19, daerah rawan dengan kategori merah, kuning, dan hijau. (Nar)

BERITA REKOMENDASI