Bawaslu Purworejo Siapkan Ruang Edukasi

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Sebagai langkah untuk menyiapkan sistem demokrasi yang bermartabat, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Purworejo membuat program Jagongan Pemilu (Jalu). Ruang ini disediakan untuk edukasi Pemilu dan demokrasi bagi masyarakat Purworejo.

“Progam Jalu edisi pertama mengangkat tema Pilkada dalam lintasan sejarah. Masyarakat diajak untuk mengingat kembali perjalanan Pemilu dari masa kolonial hingga reformasi,” kata CEO Forum Jagongan Pemilu Bawaslu Purworejo Ali Yafie SSy, Jumat (9/8).

Dalam forum diskusi tersebut tidak ada batasan antara komisioner, staf sekretariat, dan masyarakat umum. Pemateri dalam diskusi juga staf sekretariat yang selama Pemilu 2019 berlangsung mendampingi para komisioner.

“Ini sekaligus melanjutkan program yang sebelumnya pernah berlangsung melalui siaran radio,” tambahnya.

Dalam edisi jagongan Pemilu pertama ini mengangkt tema Pilkada, sekaligus menyongsong penyelenggaraan Pilkada tahun 2020 jilid empat yang akan berlangsung di 270 daerah. termasuk di Purworejo,” jelasnya.

Ketua Bawaslu Purworejo Nur Kholiq SH SThI MKn menambahkan, bahwa progam Jalu ini diselenggarkan untuk memberikan pendidikan politik bagi masyarakat umum. “Progam Jalu merupakan forum dialetika yang mendiskusikan isu demokrasi dan Pemilu,” katanya.

Program ini diwacanakan akan berlangsung dua minggu sekali. Masyarakat umum diharapkan bisa hadir untuk ikut berdiskusi terkait Pilkada.(Nar)

 

BERITA REKOMENDASI