Bawaslu Purworejo Temukan 4.406 Pemilih Ganda

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Sebanyak 4.406 jiwa pemilih untuk Pemilu legislatif, presiden dan wakil preiden tahun 2019 yang sudah tercatat dalam daftar pemilih tetap (DPT) Kabupaten Purworejo terindikasi ganda. 

Dari DPT yang dikeluarkan KPU Purworejo itu diantaranya terdapat lebih dari satu nama orang yang sama, ganda nomor induk kependudukan (NIK) dan lainnya.

“Data pemilih ganda itu ditemukan setelah kami melakukan analisis dari DPT yang diterima dari KPU,” kata Koordinator Humas Bawaslu Purworejo Anik Ratnawati, Kamis (13/9).

Didampingi Koordinator Divisi Hukum Data dan Informasi Rinto Hariyadi, Anik Ratnawati menjelaskan, analisis kegandaan DPT itu terinci ada ganda nama dan tempat tanggal lahir sebanyak 1.465 pemiih, ganda NIK sebanyak 2.391, serta ganda NIK dan nama sebanyak 550 jiwa pemilih.

“Temuan pemilih ganda ini hampir merata di seluruh kecamatan yang ada di Purworejo,” tambahnya.

Bawaslu lanjut Anik Ratnawati, menemukan ada satu NIK yang digunakan untuk lebih dari satu orang pemilih. Analisis kegandaan ini dicek dengan menerjunkan pengawas di kecamatan serta desa/kelurahan langsung ke lapangan.

Bawaslu Purworejo katanya, telah menggelar rapat pleno internal untuk mensikapi temuan data pemilih ganda ini.(Nar)

 

BERITA REKOMENDASI