BAZNAS Beri Beasiswa Santri Tahfidz Al-Quran

Editor: KRjogja/Gus

TEMANGGUNG, KRjogja.com – Badan Amal Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Temanggung menyerahkan beasiswa tahfidz Alquran kepada santriawan dan santriwati yang khatam 30 juz dari sejumlah pondok pesantren.

Ketua Baznas Kabupaten Temanggung Drs Djundardo mengatakan program beasiswa bagi santri tahfiz Alquran untuk meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat melalui zakat. Selain itu memfasilitasi para santri untuk meningkatkan kemampuan menghafal Al Quran.

” Harapannya ada banyak hafiz Alquran di Temanggung,” kata Djundardo, Rabu (27/1).

Dikemukakan beasiswa tahfidz Alquran seluruhnya diberikan kepada 60 santri pondok pesantren yang khatam Alquran 30 juz , masing-masing santri menerima Rp450.000. Untuk tahap pertama ini diserahkan kepada 13 santri terinci 2 santri putra dan 11 santri putri dari berbagai pondok pesantren yakni Nurul Falah, Al-Hikmah, Al-Munawar, Nida Al-Qur’an, Al-Rifa’i, Talimatul Aulad Al Jalal dan dari ponpes Zaidatul Ma’arif.

Selain beasiswa tahfidz Alquran, disampaikannya Baznas juga memberikan bea siswa tuntas SLTA atau disebut dengan bintang baznas . Pada tahun 2020 lalu Baznas membiayai 300 siswa yang setiap siswa menerima Rp. 4.600.000 per tahun dan bantuan pendidikan insidentil dari anak tingkat TK, SD, SLTP, SLTA bagi anak- anak yang tidak masuk bea siswa.

Program lain yakni bantuan kesehatan bagi orang miskin, bantuan modal kerja mikro finance dan bantuan masyarakat yg terkena dampak Covid 19. Selain itu bantuan air bersih, bencana kebakaran, bantuan bagi difabel berupa kursi roda, kaki palsu juga alat dengar.

” Dia mengatakan dana yang kita tasharufkan merupakan dana yang dikumpulkan dari para ASN maupun warga masyarakat lainnya yang menyetorkan zakatnya ke Baznas,” kata dia.

BERITA REKOMENDASI