BBPLK Semarang Gelar Mobil Training Unit di Borobudur

Editor: Ary B Prass

MAGELANG, KRJOGJA.com – Balai Besar Pengembangan Pelatihan Kerja (BBPLK) Semarang mengadakan kegiatan Mobile Training Unit Program Pelatihan Handycraft di kawasan Candi Borobudur, Selasa (01/09/202) kemarin. Program yang diikuti sebanyak 16 pelaku kerajinan tersebut dibuka langsung oleh Kepala BPPLK Semarang, Heru Wibowo di Balkondes Bumiharjo Borobudur.
“Kami BPPLK Semarang sebagai tangan panjang dari Kemnaker RI, berkewajiban memberikan kontribusi untuk pengembangan di Kawasan Super Prioritas yaitu Borobudur, dalam bentuk training handycraft,” kata Heru Wibowo saat membuka program pelatihan tersebut.
Dirinya menyebutkan jika sebetulnya di tahun 2021 akan memberikan sebanyak dua program pelatihan di Borobudur. Namun karena adanya refokusing anggaran, pihaknya terpaksa hanya menjalankan satu pelatihan saja, yaitu training handycraft. “Kami berharap tahun depan adaclebih banyak lagi program yang dapat kami berikan,” lanjutnya.
Heru ingin serta mengajak masyarakat di kawasan Borobudur untuk memperkuat simbol-simbol atau ikon luhur budaya Jawa khususnya yang ada di sekitar Borobudur. Sehingga karya-karya yang tercipta dari tangan pengrajin handycraft nantinya otentik dan bernilai tinggi.
“Apa sih yang unik dan hanya ada di Borobudur, nah ini yang akan membuat wisatawan datang kesini (Borobudur). Harapannya itu dapat diwujudkan, seperti stupa – stupa atau simbol uang lainnya,” jelasnya

BERITA REKOMENDASI