Bea Cukai Magelang Awasi Peredaran Rokok Ilegal

Editor: Ivan Aditya

MAGELANG, KRJOGJA.com – Kantor Bea dan Cukai Magelang hingga sekarang terus melakukan pengawasan dan penyelidikan berkaitan dengan kemungkinan adanya peredaran rokok illegal dan pita cukai palsu di wilayah Magelang, Temanggung, Wonosobo dan Purworejo. Beberapa daerah di wilayah Kedu menjadi lokasi pemasaran.

Kasi Penyelidikan dan Penindakan Kantor Bea dan Cukai Magelang Riyadush Shalihin menambahkan pada tahun 2018 hingga saat ini sudah 37 kali dilakukan penindakan dan temuan yang terbesar terjadi di awal Bulan Agustus dengan jumlah 1.500.000 batang rokok ilegal. Peredaran ini informasinya sudah berlangsung sekitar 1 tahun ini dan di awal bulan Agustus lalu berhasil dilakukan penindakan, ini diantaranya karena pemalsuan pitanya sangat halus.

Sementara itu berkaitan dengan kegiatan dialog cukai ini, Kepala Kantor Bea dan Cukai Magelang Totok Purwanto menambahkan dengan dilaksanakan sosialisasi ini para pengusaha Hasil Pengolahan Tembakau Lainnya (HPTL) mengetahui adanya aturan baru yang mengatur pengenaan cukai mulai 1 Oktober 2018 mendatang sebesar 57 persen dari Harga Jual Eceran (HJE) yang diajukan.

“Selama ini tidak bebas, sekarang harus ada izin yang disebut Nomor Pokok Pengusaha Barang Kena Cukai (NPPBKC). Untuk usaha ini dipantau pemerintah atau sudah ada nomor registrasinya,” tegasnya. (Tha)

BERITA REKOMENDASI