Beban Tugas Berat, Minat Kasek Rendah

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Minat para guru di Kabupaten Purworejo untuk menduduki jabatan sebagai kepala sekolah (Kasek) sangat rendah. Terutama untuk kasek sekolah dasar (SD). Akibatnya banyak SD yang hingga kini tidak memiliki kasek.

“Untuk menjalankan tugas sebagai Kasek, terpaksa dirangkap oleh Kasek sekolah lain dengan jabatan pelaksana tugas (Ptl),” kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Purworejo Sukmo Widi Harwanto SH, Senin (26/8).

Dijelaskan, hingga kini di Kabupaten Purworejo dari 506 SD terdapat sekitar 40 SD yang tidak memiliki Kasek. Bahkan para guru yang diikutsertakan untuk pendidikan dan pelatihan (Diklat) banyak yang tidak bersedia. “Kami mencoba mengirimkan 100 orang guru untuk diklat kasek ke Semarang, 50 persen mengundurkan diri,” keluhnya.

Keengganan para guru untuk menduduki jabatan sebagai kasek ini, terutama untuk tingkat SD dimungkinkan karena tugas yang cukup berat. “Para kasek ini rata-rata juga merangkap sebagai pelaksana tata usaha, sekaligus masih mengajar. Bahkan ada yang merangkap penjaga malam. Sedang tunjangan sebagai kasek kecil,” tambahnya.

Tunjangan guru sebagai kasek menurut Sukmo Widi Harwanto hanya Rp 120 ribu per bulan. Jumlah ini sangat mungkin dinilai kecil jika dibanding dengan beban tugas yang menjadi tanggungjawabnya.(Nar)

 

BERITA REKOMENDASI