Beduk Pendowo Terbesar di Dunia, Magnet Masjid Agung Purworejo

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Kabupaten Purworejo memiliki peninggalan bersejarah yakni Beduk Pendowo. Beduk yang tersimpan di Masjid Agung Darul Muttaqin Kota Purworejo itu merupakan beduk berbahan kayu utuh terbesar di dunia.

Beduk Pendowo dibuat tahun 1834, bersamaan dengan pembangunan Masjid Agung Darul Muttaqin. “Bupati Purworejo pertama RAA Tjokronengoro I memerintahkan pembangunan masjid sebagai sarana ibadah pada tahun 1834, atau dua tahun setelah Kabupaten Purworejo berdiri,” kata anggota Takmir Masjid Darul Muttaqin, sekaligus pemerhati sejarah, HR Oteng Suherman, kepada KRJOGJA.com, Kamis (15/4).

Menurutnya, beduk dibuat oleh kerabat RAA Tjokronegoro I dan ulama menggunakan bahan bongkot atau pangkal batang Jati Pendowo. Jati Pendowo, katanya, jati liar yang memiliki lima batang utama dan tumbuh di Dusun Pendowo Desa Bragolan Kecamatan Purwodadi.

Pohon jati itu ditebang dan batang utamanya dimanfaatkan untuk tiang utama masjid dan Pendopo Bupati Purworejo. Sementara dahan dan ranting yang juga berukuran besar, katanya, dimanfaatkan untuk atap dan kusen tempat ibadah itu.

Bongkot diserut dan dipahat secara manual hingga menjadi beduk berukuran panjang 292 sentimeter, diameter bagian depan 194 sentimeter, dan diameter belakang 180 sentimeter. “Untuk kulitnya, ketika itu masih banyak ternak berukuran super. Pilihan jatuh pada sapi yang dikenal bernama Sapi Pemacek, milik petani di Winong Kemiri,” ungkapnya.
Setelah proses pembuatannya selesai, beduk dibawa dari Dusun Pendowo menuju Masjid Agung Darul Muttaqin. Kiai Irsyad, ulama asal Dusun Solotiyang Desa Maron Loano, memimpin pengangkatan beduk.

Konon, proses pengangkutan beduk menuju masjid membutuhkan waktu lebih dari 21 hari. “Prosesnya manual, saat itu jalannya juga belum rata, jadi diratakan dulu baru bisa dilalui. Dikisahkan, warga di tiap desa yang dilalui beduk, menyambut dengan suka cita, mereka menyelenggarakan hiburan dan menyediakan aneka makanan,” tuturnya.

BERITA REKOMENDASI