Bekas Pasar Baledono Terjual Rp 457 Juta

PURWOREJO (KRjogja.com) – Dari hasil lelang bangunan bekas Pasar Induk Baledono Kabupaten Purworejo terjual Rp 457 juta. Berbagai barang bekas yang dimanfaatkan diantaranya paving dan besi serta barang lainnya yang masih dapat dimanfaatkan Hanya saja besi rangka atap sudah tidak ada.

“Kita lebih banyak memanfaatkan besinya, terutama yang tertanam dalam bangunan,” kata Alif, pihak yang berwenang membongkar bangunan pasar itu, Jumat (11/11/2016).

Sedang besi rangka bangunan atap lantai dua lanjut Alif, sudah tidak ada. Pihaknya juga tidak mengetahui, karena saat akan membongkar bangunan yang terbakar tiga tahun lalu itu, rangka atap sudah bersih.

Sementara itu sekitar 47 pedagang yang memanfaatkan lingkungan pasar untuk berdagang, secara sukarela diminta untuk pindah lokasi di tempat yang lebih nyaman. “Mereka dengan sendirinya menyadari karena bangunan pasar akan dibongkar,” kata Kepala Pasar Baledono Suparjo.

Selama ini lanjut Suparjo, para pedagang memanfaatkan pinggiran bangunan pasar dengan mendirikan lapak untuk berdagang. Sedang sebagian pedagang yang memanfaatkan bangunan los daging yang tidak terbakar, juga harus pindah.

“Meskipun tidak terbakar, los daging juga akan dibongkar. Bangunan ini akan dibangun kembali bersama bangunan induk pasar,” jelas Suparjo. (Nar)

BERITA REKOMENDASI