Belajar Luar Kelas, Kunjungi Rumah WR Soepratman

PURWOREJO (KRjogja.com) – Pembalejaran bagi setiap peserta didik tidak selamanya harus dilakukan di dalam kelas. Namun bisa dimana saja sehingga dapat memberikan pengalaman secara langsung kepada setiap peserta didik. 

“Dengan cara seperti ini, setiap siswa akan dapat mengenang sekaligus menghayati dengan apa yang dilihat secara langsung. Tidak sekedar mendengar,” kata Baskoro Dwi, salah seorang guru pembimbing Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah Bayan Kabupaten Purworejo, Rabu (23/11/2016).

Pembelajaran di luar ruang kelas dilakukan dengan mengunjungi rumah kelahiran pahlawan nasional WR Soepratman di Dusun Trembelang Desa Somongari Kecamatan Kaligesing Purworejo. Bersama guru pembimbing lainnya, para siswa digiring masuk ke dalam rumah berdinding kayu nangka itu dan diterima seorang penjaga rumah.

“Kegiatan seperti ini merupakan salah satu bentuk pembelajaran di luar sekolah, sekaligus mengenalkan pada siswa terkait jasa pahlawan WR Soepratman,” jelas Baskoro Dwi.

Dijelaskan pula, bahwa agenda seperti ini merupakan program sekolah dengan menerapkan pembelajaran di luar kelas. Dengan cara ini, sebenarnya kegiatan belajar dapat dilaksanakan di mana saja dan memberikan pengalaman secara langsung. (Nar)

 
 

BERITA REKOMENDASI