Belasan Dosen Unsoed Purwokerto Kembalikan Dana Penelitian

Editor: Ivan Aditya

PURWOKERTO, KRJOGJA.com – Belasan dosen Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto yang melakukan penilitian namun belum atau tidak melakukan publikasi dan mengembalikan dana publikasi penelitian ke kas Unsoed. Dana anggaran publikasi yang dikembalikan ke kas Unsoed sebangak Rp 264 juta.

“Ada belasan dosen melakukan penelitian tetapi belum publikasi atau tidak publikasi, sehingga uangnya harus dikembalikan, ke kas Unsoed,” kata Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Purwokerto Sunarwan, Kamis (08/10/2020).

Menurutnya besaran anggaran dana publikasi setiap dosen yang melakukan penelitian tersebut bervariasi dari Rp 5 juta hingga belasan dan secara keseluruhan mencapai kisaran Rp 264 juta. Seharusnya dana tersebut harus dikembalikan karena waktu penelitiannya sudah selesai namun belum atau tidak bisa melakukan publikasi karena adanya berbagai kendala.

Karena masuknya wilayah hukum perdata, maka penagihan dana publikasi tersebut dilakukan oleh Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara Kejari Purwokerto supaya dikembalikan ke Kas Unsoed. Sunarwan menambahkan selain belasan dosen, kemungkinan juga masih ada dosen lain yang melakukan penelitian namun melakukan publikasi.

Dihubungi terpisah Wakil Rektor Unsoed Bidang Umum dan Keuangan Prof Hibnu Nugroho mengatakan penelitian merupakan sebuah perjanjian untuk melakukan suatu kegiatan. Diantaranya seminar internasional, hak kekayaan intelektual dan jurnal.

“Bagi yang belum melakukan kegiatan namun waktu sudah selesai, sesuai perjanjian harus dikembalikan. Karena itu dana Unsoed, ya kembalikan ke PNBP Unsoed, kembalikan ke negara,” kata Hibnu.

Karena Unsoed merupakan badan layanan umum (BLU) maka dana yang ada di Kas Unsoed terdiri atas dana APBN dan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Kemudian dana untuk riset atau penelitian merupakan dana PNBP sehingga jika janji dalam kegiatan tersebut belum dilakukan, berarti harus dikembalikan.

“Janjinya adalah publikasi yang ternyata belum dilakukan, ya harus dikembalikan ke rekening Unsoed. Jumlah dosen yang harus mengembalikan dana publikasi penelitian tidak banyak, sekitar 12 orang,” jelasnya.

Dijelaskan penelitian yang dilakukan para dosen tersebut merupakan riset tahun 2013, 2014, 2015 dan kerja sama internasional. (Dri)

BERITA REKOMENDASI