Belasan Rumah di Purworejo Rusak Diterjang Longsor

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Purworejo Sutrisno mengatakan, pemerintah cepat tanggap menangani bencana sejak mendapat laporan. Alat berat diterjunkan membuka longsoran yang menimbun akses Purworejo-Magelang di Kecamatan Bener. “Selesai di Bener, kami bawa ke Kalijering untuk menolong evakuasi di desa itu,” katanya.

Sejumlah tim relawan juga terlibat bersama BPBD dan warga mengatasi bencana itu. “Kami dan lembaga sosial seperti Baznas dan PMI juga kirim logistik untuk warga terdampak dan mereka yang kerja bakti,” tuturnya.

Sutrisno mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap ancaman bencana hidrometeorologi yang masih mungkin terjadi, imbas dari fenomena La Nina. Hujan ekstrim, lanjutnya, sangat mungkin terjadi lagi di Kabupaten Purworejo. “Maka selalu waspada, kenali dan antisipasi potensi bencana di sekitar kita. Misalnya, jika ketemu ada retakan tanah yang berpotensi longsor, harus segera ditutup. Selain itu, aktifkan ronda saat hujan lebat mengguyur desa,” tandasnya.(Jas)

BERITA REKOMENDASI