Beli Takjil dengan Sampah di Pasar Uwuh Trirejo

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Pemuda Desa Trirejo Kecamatan Loano Kabupaten Purworejo membuka Pasar Uwuh sepanjang Ramadan tahun 2021. Pasar takjil yang buka setiap sore itu memiliki aturan unik, yakni membolehkan konsumen membeli aneka makanan dengan menukarkan sampah anorganik yang mereka bawa.

Pasar Uwuh merupakan inisiatif dari pemuda yang mengelola Bank Sampah Tri Guyub Rukun Desa Trirejo. “Kami berinisiatif membuat pasar Ramadan yang unik, mungkin makanannya sudah umum di Purworejo, tapi kami beda dalam cara bertransaksi,” kata Koordinator Pasar Uwuh Vabrian Mahendra, kepada KRJOGJA.com, Minggu (25/4/2021).

Menurutnya, sampah bisa menjadi media transaksi di Pasar Uwuh. Caranya, lanjut Vabrian, konsumen membawa sampah anorganik baik berbentuk kertas, plastik, atau logam, lalu ditimbang di pintu masuk pasar.

Sampah kemudian ditukar dengan kupon dari tutup botol plastik warna biru untuk nominal Rp 1.000, putih Rp 2.000, dan kuning Rp 3.000. Nilai kupon disesuaikan dengan bobot dan harga sampah. “Kupon tutup botol itu bisa ditukarkan dengan aneka jajanan yang dijual ibu-ibu PKK Desa Trirejo,” ungkapnya.

BERITA REKOMENDASI