Belum Lulus, Belasan Mahasiswa Polsa Sudah Jadi Pengusaha Sukses

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGA.com – Sebanyak 13 mahasiswa Program Studi (Prodi) D-3 Administrasi Bisnis Politeknik Sawunggalih Aji (Polsa) Kutoarjo telah memiliki Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK). Mereka menjadi pengusaha muda dan mulai menapaki kesuksesan dengan memproduksi aneka produk makanan dan minuman.

Ketua Prodi Administrasi Bisnis Polsa Agus Fitriyanto SE MM mengatakan, pengurusan izin itu merupakan salah satu upaya kampus dalam mendorong mahasiswa untuk menjadi pengusaha muda. Sebelum mengurus perizinan, para mahasiswa telah menyelesaikan tahapan pembuatan rencana bisnis, produksi, tes pasar, membuat konsep kemasan dan label, serta evaluasi secara berkala.

“Sejak awal kami mendorong mahasiswa untuk pandai membaca peluang dan menjadi pengusaha muda. Mereka pun mulai mencipta produk sendiri, berproduksi dan memiliki jaringan pemasaran,” ungkapnya kepada KRJOGJA.com, Selasa (02/02/2021).

Setelah konsisten berproduksi, Polsa kemudian memfasilitasi pengurusan izin kepada para mahasiswa. IUMK diurus dengan mendaftar secara daring pada situs oss.go.id. Sebanyak 13 mahasiswa pengusaha mendaftarkan produknya dan memperoleh IUMK itu.

Setelah itu, lanjutnya, mereka diarahkan untuk mengurus izin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT). “Untuk saat ini, sudah ada dua mahasiswa dengan tiga produk yang memiliki izin PIRT. Sementara untuk 13 mahasiswa masing-masing dengan satu produk, akan mulai diurus tahun 2021,” tuturnya.

Bahkan, kata Agus, sudah ada satu produk mahasiswa Polsa yang memiliki sertifikasi halal Majelis Ulama Indonesia (MUI). Adapun untuk tahun 2021, Polsa menggandeng Lab Global Halal Indonesia untuk dapat melakukan pengujian kandungan produk pada tahun 2021.

“Hasil uji laboratorium itu menjadi syarat pengurusan sertifikasi halal MUI. Untuk tahun 2021, terpilih tiga produk yang paling layak dan prospektif, untuk diuji secara gratis,” terangnya.

Menurutnya, izin dan sertifikasi bernilai penting bagi pengusaha bidang makanan minuman karena akan meningkatkan kepercayaan publik terhadap produk mereka. Pemasaran, lanjutnya, akan semakin luas dan mudah apabila produk telah memiliki izin PIRT dan sertifikat halal.

Sementara itu, Direktur Polsa Kutoarjo Sapta Aji Srimargiutomo SKom MM, langkah strategis yang dilakukan Prodi Administrasi Bisnis sejalan dengan misi kampus untuk menyiapkan lulusan yang berkualitas sejak dini. Misi itu diaplikasikan dalam berbagai program akademik prodi.

Ditambahkan, mahasiswa Administrasi Bisnis tidak hanya disiapkan menjadi tenaga ahli profesional dalam bidang bisnis. “Namun sudah menjadi wirausaha andal, bahkan sebelum mereka lulus dari kampus,” tandasnya. (Jas)

BERITA REKOMENDASI