Bencana Mengintai, Masyarakat Diminta Waspada

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Wakil Bupati (Wabup) Purworejo Hj Yuli Hastuti SH mengingatkar kepada masyarakat bahwa Kabupaten Purworejo merupakan salah satu daerah yang rawan terhadap bencana.Terlebih dimusim penghujan seperti ini, maka bencana tanah longsor mengintai.

Dalam menghadapi muim seperti ini masyarakat, terutama yang bertempat tinggal di daerah rawan harus memiliki kewaspadaan dini dalam menghadapi bencana yang bisa terjadi setiap waktu.

“Dalam menghadapi kondisi serperti kita akan terus melakukan koordinasi lintas sektoral sehingga jika sewaktu-waktu terjadi bencana kita selalu siap. Ini sekaligus untuk meminimalisir terjadinya korban. Terutama korban jiwa,” kata Yuli Hastuti, Kamis (13/2).

Dalam menghadapi musim seperti ini Yuli Hastuti mengaku, dirinya telah diundang untuk mengikuti Rakornas di Bogor yang dipimpin langsung Presiden Joko Widodo, diikuti para gubernur, bupati dan wali kota serta dinas instansi terkait.

Dalam rakornas itu menurut Yuli Hastuti, Presiden memberikan arahan bahwa seluruh instansi pemerintah pusat dan daerah harus bersama-sama bersinergi dalam upaya pencegahan, mitigasi dan meningkatkan kesiapsiagaan. Setiap gubernur, bupati dan walikota harus segera menyusun rencana kontijensi termasuk sarana dan prasarana kesiapsiagaan.

“Kita akan menindaklanjuti arahan Presiden dalam rakornas ini, dengan mengkoordinasikan bersama pihak-pihak terkait di Purworejo,” jelasnya.

Diakui, ancaman kebencanaan setiap tahunnya cenderung meningkat. Untuk itu diingatkan pentingnya solusi yang permanen dalam mengatasi bencana. (Nar)

BERITA TERKAIT