Benda Purbakala Batu Gong Terbengkalai

WONOSOBO (KRjogja.com) – Keberadaan benda purbakala menyerupai replika gamelan terbuat dari batu kuno berupa gong, kendang, bonang, dan beberapa bentuk lain tampak terbengkalai bergelimpangan tidak tertata di tengah tegalan di Dusun Sawangan Desa Tumenggungan Kecamatan Selomerto Kabupaten Wonosobo.

Budayawan Wonosobo Gus Blero, ketika berkunjung ke lokasi, Senin (7/11/2016), mengungkapkan, bahwa selama ini memang belum ada perhatian dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonosobo maupun aparat desa setempat terhadap benda purbakala tersebut.

“Padahal selain untuk melestarikan benda-benda purbakala, tempat ini juga layak menjadi satu destinasi wisata baru di Wonosobo yang selama ini memang dikenal kaya dengan situs-situs kuno seperti ini. Seharusnya ada upaya serius untuk menggali unsur budaya maupun sejarah yang melekat di dalamnya,” tuturnya.

Pemilik lahan, Sarman (55), mengatakan bahwa batu-batu berukuran cukup besar menyerupai bentuk perangkat gamelan ini sudah ada di kebunnya sejak lama. Bahkan lahan tersebut adalah lahan warisan yang sudah turun temurun. Ia pun tidak mengetahui pasti menjadi ahli waris dari generasi ke berapa.

Meski sudah puluhan bahkan ratusan tahun berada di pekarangan ini, jelas Sarman, namun belum ada perhatian serius dari pemerintah. Ia pun mengaku tidak bisa berbuat banyak dan hanya melakukan perawatan seadanya. (Art)

BERITA REKOMENDASI