Bendung Kemajuan Teknologi Perlu Sinergitas

Editor: KRjogja/Gus

MAGELANG (KRjogja.com) – mengatisipasinya perkembangan teknologi dewasa ini, perlu pengawasan dengan memberikan pemahaman yang baik dan benar terhadap anak-anak. Selain itu, perlu juga pemberikan ajaran agama sebagai fondasi bagi mereka, baik di sekolah maupun di rumah.

Hal ini disampaikan Kepala SD N Deyangan 2, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang, Suparyo SPd, pada sambutan peringatan Hari Raya Idul Adha 1437 H, Rabu (14/09/2016). "Sekarang ini, sudah terjadi krisis moral bagi anak-anak. Maka benteng yang paling baik bagi anak, adalah memberikan pemahaman yang benar, serta ajaran agama, baiik di sekolah maupun di rumah," katanya.

Sekarang ini, lanjut Suparyo, anak-anak sudah tidak mengenal dolanan (mainan) anak tradisional. “Mereka kini beralih pada mainan yang berbasis teknologi, seperti game online yang bisa dimainkan setiap saat melalui HP. Agar pengawasan terhadap anak tidak putus, diperlukan sinergitas antara guru dengan orang tua murid,” katanya.

Sementara ceramah dalam peringatan Hari Raya Idul Adha 1437 H di SDN Deyangan 2 kemarin,  Ustadz Abdul Kholiq Arrosid menyatakan, kegiatan keagamaan sangat baik untuk mempertajam pengetahuan dibidang agama yang bersifat spiritual, karena memberikan fondasi agama bagi anak sangat penting untuk memfilter pengetahuan yang diperoleh dari luar melalui perkembangan teknologi.

"Dengan memberikan agama sejak dini bagi anak-anak, maka akan lebih baik dibandingkan bagi anak yang tidak menenal agama, agar anak bisa berguna bagi bangsa dan negara, bermanfaat bagi orang lain dan keluarganya," kata Abdul Kholiq pada ceramah yang dihadiri sekitar 200 orang wali murid, termasuk Kepala UPT Kecamatan Mertoyudan, Rohmadi SPd dan Kepala Desa Deyangan Guritno. (Bag)

BERITA REKOMENDASI