Bendungan Bener Harapan Petani Purworejo

Editor: Ary B Prass

PURWOREJO, KRJOGJA.com Kelompok petani Purworejo yang menamakan dirinya Aliansi Petani Purworejo, mendorong percepatan pembangunan Bendungan Bener. Bendungan itu menjadi harapan mereka karena diyakini menjadi solusi persoalan ketersediaan air yang kerap membelit petani di sejumlah kecamatan di Purworejo.

Aliansi Petani Purworejo yang mendapat pendampingan dari organisasi masyarakat Komando Bela Rakyat (KBR) itu juga meminta pemerintah dan aparat keamanan untuk menegakkan supremasi hukum terhadap oknum perusuh dan penghambat pembangunan Bendungan Bener.

Komandan KBR R Heri Priantono mengatakan, petani Purworejo bakal bisa panen tiga kali setahun apabila disuplai air dari Bendungan Bener. “Air merupakan kebutuhan mutlak petani padi Purworejo, dan sekarang ada masalah menghantui ketika debit irigasi Wadaslintang mulai menurun sekitar tiga tahun terakhir,” tuturnya, Senin (24/1/2022).

Akibat keterbatasan debit, petani pengolah sawah yang dialiri irigasi Waduk Wadaslintang, kerap mengalami gangguan dalam budidaya. Akibatnya, hasil panen padi di wilayah kecamatan Gebang, Kemiri, Kutoarjo, Bayan, Purworejo, Banyuurip, Ngombol dan sejumlah kecamatan lainnya, tidak dapat optimal.

BERITA REKOMENDASI