Bensin Eceran Ganti Pertalite, Warga Ragu

Editor: KRjogja/Gus

MAGELANG (KRjogja.com) –  Pedagang bahan bakar minyak (BBM) eceran di Kabupaten Magelang, kini mulai menawarkan BBM pertalite. Hal ini menyusul surat edaran dari Pertamina yang melarang SPBU menjual BBM premium dan solar kepada pedagang eceran.

 

"Sudah dua minggu kemarin, sejumlah SPBU disini (Magelang), tidak lagi melayani penjualan premium kepada pedagang eceran yang biasa menggunakan jerigen. Sejak itu saya mencoba menjual BBM jenis pertalite secara eceran," kata Iqbal, salah satu penjual BBM eceran di Desa Banyuurip, Kamis (18/08/2016).
Awalnya, kata Iqbal, pembeli ragu untuk membeli pertalite yang tampak berwarna kebiruan. Hal tersebut berbeda dengan warna premium yang cenderung kekuningan.

"Waktu awal-awal, pembeli yang datang ragu-ragu kalau mau beli. Mereka mengira kalau pertalite itu bensin campuran. Namun kini sudah biasa. Kami jual pertalite Rp 8.000 per botol isi 1 liter," ungkapnya.

Sementara itu, Yogi Mulyantoro, pengawas SPBU Talun, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, mengakui jika sejak Rabu pekan lalu pihaknya sudah tidak lagi menjual premium. Hal ini sesuai dengan instruksi Pertamina yang ingin menekan konsumsi premium di masyarakat. "Kalau kami sudah tidak menyediakan (premium) lagi, diganti dengan pertalite," katanya.

Diungkapkan, jika pedagang eceran diperbolehkan membeli pertalite menggunakan jerigen namun harus melalui prosedur melampirkan surat ijin resmi dari pemerintah kecamatan setempat. "Awalnya memang masih ada pembeli yang bertanya-tanya, tapi kemudian menerima karena memang peraturannya harus begitu," jelasnya. (Bag)

BERITA REKOMENDASI