Bentuk Advokasi, 45 Lembaga di Purworejo Teken Kerjasama dengan Kejaksaan

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Sekitar 45 lembaga di Kabupaten Purworejo telah teken kesepakatan atau  MoU bidang perdata dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Purworejo. Mereka atas nama lembaga berhak mendapat pembinaan maupun konsultasi, fasilitasi dan advokasi dalam penanganan perkara bidang hukum perdata dan tata usaha negara.

“Dari 45 lembaga itu termasuk ada pemerintahan desa, dan lainnya. Kami bisa memberikan pendampingan kepada lembaga yang sudah ada MoU,” kata Kepala Kejari Purworejo Alex Rahman SH MH, Jumat (6/12/2019).

Usai penandatanganan kesepakatan bersama antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo dengan Kejari di ruang Arahiwang kantor bupati Purworejo, Alex Rahman menjelaskan, karena lembaga yang bersangkutan sudah ada MoU dengan Kejari, maka jika suatu saat ada persoalan yang menyangkut hukum maka Kejari bisa memberikan mendampinginya.

Penandatangan MoU ini dilakukan Alex Rahman dengan Bupati Purworejo H Agus Bastian SE MM.

“Seperti dengan KPU yang sempat digugat calon anggota Legislatif dalam Pemilu kemarin, kami bisa melakukan pendampingan,” jelas Alex Rahman.

Pada kesempatan itu Bupati Agus Bastian menandaskan bahwa MoU ini sesuai pasal 30 ayat 2 Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2004 tentang Kejaksaan Republik Indonesia, selain mempunyai tugas dan wewenang sebagai jaksa penuntut umum, Kejaksaan juga dapat bertindak sebagai Pengacara Negara.

“Kita menyadari bahwa negara ini merupakan negara hukum, sehingga segala persoalan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, harus diletakkan kepada hukum yang berlaku. berdasarkan surat kuasa khusus atas nama negara atau pemerintah,” tandasnya. (Nar)

 

BERITA REKOMENDASI