Bentuk Perhatian Pemerintah, Pengelolaan TPS3R Dilombakan

MAGELANG, KRJOGJA.com – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Magelang, terus melakukan upaya meminimalisir pembuangan sampah rumah tangga dan industri ke Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Pasuruhan, Mertoyudan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah pengobtimalan pengelolaan Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, dan Recycle (TPS3R) di sejumlah kecamatan diwilayah ini.

“Pengobtimalan yang kami lakukan, adalah dengan mengadakan lomba manajemen TPS3R. Kegiatan ini juga sebagai upaya pembinaan terhadap para pengelola dan tahun ini kami baru pertama kali melakukan lomba ini. Lomba ini juga untuk menyemarakkan HUT Kotq Mungkid ke-37,” kata Kepala DLH Kabupaten Magelang, Sarifudin SH, didampingi Kepala Seksi Kebersihan DLH setempat, Suko Wibowo, Selasa (23/3/2021).

Selain lomba TPS3R, kata Syarif, sebelumnya pihaknya juga mengadakan lomba pengelolaan bank sampah. “Tujuannya sama. Yakni bagaimana menekan dan meminimalisir pembuangan sampah ke TPSA. Di sisi lain, kegiatan juga sebagai bentuk perhatian dan motivasi terhadap para pengelola agar semakin bersemangat memberdayakan bank sampah dan TPS3R,” tegasnya.

BERITA REKOMENDASI