Beraktivitas Tanpa Masker, 56 Warga Diganjar Denda

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Satpol PP Kabupaten Purworejo menggelarzia pemakaian masker di Pasar Hewan Purworejo di Botorejo Bayan dan Pasar Kutoarjo, Kamis (16/7). Petugas menjaring 56 warga yang tidak menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Setiap pelanggar dikenai denda Rp 10 ribu.

Kasi Penyelidikan dan Penyidikan Satpol PP dan Damkar Purworejo Endang Muryani mengatakan, puluhan pelanggar itu terjaring dalam operasi yang dilaksanakan selama satu jam. “Kami operasi setengah jam di Pasar Batoh dan juga Pasar Kutoarjo, hasilnya puluhan terjaring razia,” katanya kepada KRJOGJA.com, usai razia.

Penertiban diawali di Pasar Hewan Purworejo. Petugas menghentikan pedagang hewan dan pengunjung pasar tanpa masker. Mereka diarahkan ke meja penyidik untuk dibina dan membayar denda.

Pelanggar juga diberi masker kain untuk langsung dipakai. “Mereka diberi masker dulu baru menghadap penyidik, sebab kami harus antisipasi mengingat sebagian pelanggar adalah warga luar, seperti dari Wonosobo, Kebumen, dan Magelang,” ungkapnya.

Penertiban dilanjutkan di area Pasar Kutoarjo. Tim dipecah menjadi beberapa bagian. Mereka menyisir kawasan parkir dan lapak di dalam pasar. “Pembeli dan pedagang pun banyak yang melanggar. Setelah diberi masker dan didenda, mereka boleh melanjutkan aktivitas,” terangnya.

BERITA REKOMENDASI