Beras Kemasan Delanggu Merebak di Purworejo

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Beras kemasan dengan stempel Delanggu yang dipasarkan di wilayah Kabupaten Purworejo, ternyata bukan beras yang berasal dari Delanggu Kabupaten Klaten. Namun beras lokal yang dikemas
dengan kantung kemasan atau kandi merk Delanggu.

"Ini bukan penipuan, hanya karena kandi (kantung beras) yang tersedia di pasaran sini, bermerk Delanggu," kata Sukarsih, seorang pedagang beras di Kutoarjo Kabupaten Purworejo, Jumat (02/06/2017).

Kandi yang beredar di pasaran Purworejo selama ini tidak ada yang berstempel beras Purworejo, namun mayoritas kandi Delanggu seperti Kandi Cap Ikan Mas, Lele, Naga, Permata, Apel, dan lainnya yang semua bertuliskan super Delanggu. “Kandi kita beli di pasaran harganya Rp 72.500 isi 50 lembar untuk kemasan 25 kg. Kandi hanya untuk wadah tapi berasnya tetap beras Purworejo,” jelas Sukarsih.

Namun demikian, kandi ini tetap berpengaruh terhadap minat pembeli, meskipun berasnya sama, namun kemasan ternyata juga berpengaruh. “Pedagang tetap mengatakan itu beras Purworejo, tapi masyarakat seperti sudah menyakini jika beras kemasan itu berasal dari Klaten,” papar Sukarsih. (Nar)

 

BERITA REKOMENDASI