Berfikir Modern, Kemah Budaya Digelar di Tirtosari Sawangan Magelang

MAGELANG, KRJOGJA.com – Kemah Budaya Menuju Indonesia Bahagia dilaksanakan di Dusun Wanasri Desa Tirtosari Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang, Sabtu dan Minggu (16-17/2/2019). Dan pada Sabtu (16/2/2019) malam dilaksanakan beberapa rangkaian kegiatan, diantaranya dialog budaya dengan menampilkan beberapa pembicara, diantaranya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gus Umar Fayumi, RD Antonius Banu Kurbianto dan Triyanto Triwikromo.

Dalam kegiatan yang diwarnai dengan turunnya hujan cukup deras, Sabtu malam, juga disampaikan beberapa poin perumusan hasil rembugan Kemah Budaya, hiburan beberapa kesenian rakyat maupun lainnya. "Kembul Sega Donga" juga disajikan di forum yang diikuti peserta dari banyak daerah di wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.

Salah satu poin yang ada di dalam perumusan hasil rembugan Kemah Budaya diantaranya menyebutkan pemilu merupakan salah satu kegiatan yang rutin pada negara-negara yang menganut sistem demokrasi. Di negara demokratis, perbedaan, persamaan, keadilan, keberagaman merupakan keniscayaan, sehingga pemilu menjadi suatu alat untuk mengelolaan perbedaan agar tidak menjadi konflik, dan sudah dilakukan masyarakat, bukan suatu yang asing. Sehingga tidak perlu disikapi dengan kecemasan atau ketakutan, tetapi hati-hati tetap diperlukan. Dengan menempatkan kemanusiaan diatas kepentingan politik.

Ketua Panitia Kemah Budaya Menuju Indonesia Bahagia Bambang Edy Nasri kepada wartawan diantaranya mengatakan kegiatan ini diikuti peserta yang datang dari beberapa daerah di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. Diharapkan mendatang daerah-daerah lain bisa dilakukan suatu acara, yang bentuknya apapun. 

Hasil dari diskusi dalam kegiatan ini diharapkan akan dapat membangun masyarakat secara menyeluruh dalam tingkat kesadaran-kesadaran kita dalam menyongsong ke depan, terkait dengan tidak hanya sekadar berbicara bagaimana pilpres maupun lainnya, tetapi justru lebih menekankan bagaimana ke depan membangun bangsa ini menyadari bahwa ini menjadi satu tanggungjawab kalau NKRI menjadi suatu hal yang paling utama.(Tha)

BERITA REKOMENDASI