Beri Hiburan, Gelar Kuda Lumping di Lokasi Bencana

PURWOREJO (KRjogja.com) – Para pelajar SMK Pembaharuan (PN) dan SMK PN 2 Kabupaten Purworejo menggelar pentas seni Kuda Lumping di daerah lokasi bencana tanah longsor di Desa Sidomulyo Kecamatan Purworejo. Kegiatan ini sekaligus untuk merayakan hari ulang tahunnya yang ke-48 SMK PN dan ke-22 SMK PN 2.

 “Lokasi ini kita pilih untuk memberikan hiburan bagi warga masyarakat, terutama warga setempat,” kata Ketua Yayasan Pembaharuan Wiwik Setiya Waspada BA, Minggu (13/11/2016) malam.

Parade budaya diawali dengan penampilan Kuda Lumping Turonggo Kesatrian yang dipadu dengan tarian Dolalak dan jenis tarian Barongan oleh para siswa yang tergabung dalam Grup Kesenian Turonggo Kesatrian. Kegiatan ini digelar di dekat lokasi tanah longsor yang kemudian ditemukan Batu Pajangan, yang merupakan batu bersusun di desa itu. Turonggo Kesatrian merupakan grup kesenian yang dibentuk sekolah.

Tempat ini oleh pihak desa kemudian dimanfaatkan sebagai lokasi wisata lokal yang cukup menarik bagi pengunjung. Bahkan sejak bebatuan itu ditemukan, hampir setiap hari, terutama hari libur selalu dikunjungi warga. (Nar)

BERITA REKOMENDASI