Berjaga Saat Liburan, Layanan Kesehatan Diberikan Gratis untuk Penumpang KA

PURWOREJO, KRJOGJA.com – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (DAOP) V Purwokerto menyediakan layanan kesehatan gratis untuk penumpang kereta api (KA) di Stasiun Besar Kutoarjo. Pelayanan kesehatan itu khusus dibuka sepanjang libur tahun baru 2020, mulai 31 Desember 2019 hingga 5 Januari 2020. 

Manajer Humas PT KAI DAOP V Purwokerto Supriyanto mengatakan, pelayanan itu untuk menjamin penumpang terjaga kesehatannya sebelum menempuh perjalanan dengan kereta. "Apabila ada yang merasa kurang enak badan, silakan akses layanannya. Selain di Kutoarjo, layanan serupa dibuka di Stasiun Kroya dan Purwokerto," tuturnya kepada KRJOGJA.com, Jumat (3/1/2019). 

Petugas memberi pelayanan berupa konsultasi medis. Penumpang yang merasa sakit, dapat berkonsultasi dengan petugas kesehatan. Bahkan penumpang dapat mengakses perawatan lanjutan pada Klinik Mediska milik PT KAI yang ada di stasiun besar. 

PT KAI juga bekerjasama dengan fasilitas kesehatan milik pemerintah dan swasta yang terdapat di sepanjang jalur kereta. "Kalau nanti ada yang sakit dan dalam kondisi kegawatdaruratan, bisa dirujuk ke rumah sakit," ucapnya. 

Selain konsultasi medis, petugas juga memberi layanan pengecekan tekanan darah, gula darah, kolesterol, asam urat dan tinggi berat badan. Sejumlah penumpang yang menunggu kereta atau baru turun di Stasiun Kutoarjo, mengakses layanan itu. 

Sementara itu, jumlah penumpang yang naik kereta dari Stasiun Kutoarjo, meningkat tiga hari terakhir. Penumpang naik rata-rata 4.300 perhari. Sebaliknya, penumpang turun di Kutoarjo mengalami penurunan dari rata-rata 4.000 perhari pada seminggu jelang tahun baru, menjadi kurang lebih 3.500 pada penghujung 2019.(Jas)

BERITA REKOMENDASI