Berkas 388 Pelamar ASN Sukoharjo Tak Memenuhi Syarat

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Berkas 388 dari total 5.821 pelamar di 407 formasi lowongan calon aparatur sipil negara (ASN) Sukoharjo dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) sesuai hasil verifikasi data yang dilakukan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Sukoharjo Joko Triyono, Senin (22/10) mengatakan, 388 orang calon pelamar ASN yang berkasnya dinyatakan tidak memenuhi syarat secara otomatis gugur. Pelamar tersebut tidak bisa mengikuti tahapan berikutnya berupa tes atau seleksi.

Pengumuman hasil verifikasi berkas pendaftaran calon ASN dilakukan oleh BKN pada Minggu (21/10). Pelamar atau masyarakat bisa melihat hasil verifikasi melalui website sscn.bkn.go.id maupun sukoharjokab.go.id. Disana dipaparkan dengan jelas siapa saja pelamar calon ASN yang berkasnya tidak memenuhi syarat.

"Pelamar yang berkasnya tidak memenuhi syarat maka secara otomatis tidak bisa mengikuti tahapan lanjutan. Begitu pula sebaliknya berkas yang lolos verifikasi maka berhak mengikuti tahapan seleksi berikutnya," ujar Joko Triyono.

Tahapan terdekat yang akan diikuti calon pelamar ASN yakni tes sesuai jadwal digelar mulai 21 – 25 Oktober. Selanjutnya tes seleksi kompetensi dasar (SKD) pada 26 Oktober – 17 November. Tes berikutnya yakni seleksi kompetensi bidang (SKB)  pada 22 – 28 November. Terakhir tes penggabungan SKD dan SKB pada 29 November – 2 Desember.

BKN dipastikan sudah memberikan sosialisasi dan pemberitahuan semua tahapan seleksi lowongan calon ASN pada semua pemerintah daerah. Termasuk pula hasil verifikasi berkas dan tes seleksi.

Jadwal yang ada sekarang sifatnya masih sementara dan menunggu kepastian dari BKN. Pemerintah daerah tidak bisa menggelar tes seleksi sendiri tapi izin resmi pusat. (Mam)

BERITA REKOMENDASI