Berlaga Asia Talent Cup 2021, Arbi Mengaspal di Sirkuit Losail

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Fadhillah Arbi Adhitama (15) bakal berlaga dalam kompetisi balap motor Asia Talent Cup (ATC) musim 2021. Arbi akan menjalani balapan perdananya di Sirkuit Internasional Losail di Qatar pada 19 Maret mendatang.

Arbi tergabung dalam tim Astra Honda Racing School (AHRS). Pemuda warga RT 01 RW 06 Kelurahan Doplang Purworejo itu akan bergabung dengan pembalap muda Indonesia lainnya Herjun Firdaus, Azryan Dheyo, dan Herlian Dandi.

Pelajar kelas IX SMP itu telah lolos dalam seleksi yang diselengarakan tahun 2019, dan berlaga dalam ATC musim balapan 2020. Namun, pandemi Covid-19 melanda dan menyebabkan Dorna, sebagai penyelenggara balapan, meniadakan kompetisi di wilayah Asia.

“ATC biasanya digelar bersamaan dengan rangkaian jadwal MotoGP. Tapi tahun kemarin tidak ada seri MotoGP di Asia, sehingga ATC pun tidak ada balapan,” katanya kepada KRJOGJA.com, usai pamitan dengan Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM, di Pendopo Kabupaten Purworejo, Rabu (03/03/2021) sore.

Menurutnya, tidak adanya seri 2020 dimanfaatkan untuk berlatih meningkatkan performa. Arbi juga memindah tempat latihan dari sirkuit di Boyolali ke Semarang. “Pandemi memang menghalangi, tapi tinggal bagaimana kita bisa menyiasati, tetap bisa latihan, tapi protokol kesehatan dijaga agar tidak tertular virus,” ungkapnya.

Arbi akan berangkat ke Jakarta pada 6 Maret untuk menjalani latihan, kemudian berangkat ke Qatar. Ia akan berlaga dalam dua belas balapan di Sirkuit Losail, Sepang Malaysia, Twin Ring Motegi Jepang, Buriram Thailand, dan Mandalika Indonesia.

“Target saya juara 1, tapi ini baru balapan pertama saya, jadi tetap realistis dan melakukan yang terbaik. Bagi saya tidak ada lawan yang berat, kecuali diri kita sendiri,” tegasnya.

Dalam kunjungannya, Arbi didampingi Wakil Ketua Bidang Organisasi KONI Kabupaten Purworejo Aris Himawan, Kabag Humas dan Protokoler Setda Purworejo Rita Purnama, dan kedua orang tua. “Saya berterima kasih kepada pemerintah yang selalu mendukung kami, juga kepada Astra Honda Racing Team yang memfasilitasi keberangkatan saya ke ATC,” ucapnya.

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM mengatakan, pemerintah memberi apresiasi pada keikutsertaan Arbi dalam ATC seri 2021. Meski belum berlaga, Arbi telah mengharumkan nama Kabupaten Purworejo. “Kita patut bangga karena Purworejo mampu melahirkan atlet bertalenta yang bisa berbicara di kancah internasional,” tuturnya.

Bupati berharap kiprah Arbi dapat menjadi inspirasi bagi pemuda Purworejo lainnya untuk selalu berkarya dan tidak menyerah dalam menghadapi pandemi Covid-19. Pemerintah, lanjutnya, akan memberikan dukungan pada pengembangan olahraga termasuk balapan.

Bahkan, bupati menyampaikan jika Pemkab Purworejo tengah berupaya membangun sirkuit bertaraf internasional di kawasan Pantai Dewa Ruci Desa Jatimalang Kecamatan Purwodadi. “Kami sedang mencari investor yang bersedia membangun sirkuit di sana,” ucapnya.

Sementara itu, Aris Himawan menambahkan, KONI Kabupaten Purworejo siap memberikan dukungan kepada talenta muda dari berbagai cabang olahraga yang ada di Purworejo. “Koni dengan puluhan cabang olahraga di bawahnya, adalah wadah bagi pembinaan talenta muda berbakat di Purworejo,” tandasnya. (Jas)

BERITA REKOMENDASI