Bernilai Historis, Mapala Gelar Upacara Dibawah Jembatan Blondo

Editor: KRjogja/Gus

MAGELANG, KRJOGJA.com – Ada cara berbeda yang dilakukan beberapa pihak dalam melaksanakan upacara memperingati HUT Proklamasi Kemerdekaan RI k-75 Tahun 2020, Senin (17/8/2020). Bukannya di tanah lapang kegiatan tersebut dilaksanakan, tetapi dilaksanakan di bawah Jembatan Blondo Mungkid Magelang. Bendera Merah Putih juga ukurannya besar, yaitu 9 X 12 meter, yang dikibarkan di atas aliran Sungai Elo.

Tiga Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Sulfur Universitas Tidar (Untidar), yaitu Jafar Sidiq, Nikmah Choirul Mala dan M Yusuf dari Fakultas Teknik dan FKIP Untidar, turun dari Jembatan Blondo menggunakan tali dengan cara repling untuk mengibarkan bendera ukuran besar tersebut dengan iringan Lagu Indonesia. Bersamaan dengan itu beberapa orang yang berada di atas beberapa perahu karet yang ada di tengah aliran Sungai Elo nampak berdiri dan memberi hormat kepada Bendera Merah Putih yang dikibarkan tersebut.

Ketua Umum Mapala “Sulfur” Untidar Aditya Pranata kepada wartawan usai upacara diantaranya mengatakan jembatan Blondo ini merupakan jembatan bersejarah. Inilah diantaranya yang mendorong kegiatan ini dilaksanakan di Jembatan Blondo.

Output dari kegiatan ini, lanjutnya, untuk memperkenalkan lebih luas lagi bahwa di Magelang juga ada suatu tempat wisata rafting di aliran Kali Elo. Sebelum pelaksanaan, dibutuhkan waktu 2 hari untuk persiapannya, termasuk gladi bersih upacara. Untuk membuat benderanya sendiri dibutuhkan waktu sekitar 8 hari, yaitu sejak pembelian kain hingga proses menjahitnya.

BERITA REKOMENDASI