Bersiap Nyadran, Warga Temukan Archa Ganesha di Makam

TEMANGGUNG, KRAJOGJA.com – Warga Dusun Mangli Desa Muntung Kecamatan Candiroto Temanggung dikejutkan dengan keberadaan archa Ganesha di Tempat Pemakaman Umum (TPU) setempat, Jumat (20/4/2018).

Petugas Kepolisian Sektor Candiroto langsung mendatangani lokasi penemuan archa dan membawa archa ke mapolsek untuk diamankan, sambil pemindahan ke Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Temanggung.

Staf Bidang Kebudayaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Temanggung Waluyo mengatakan arca ditemukan Andi Prabowo dan Wijiadi ketika sedang bersih-bersih makam untuk persiapan nyadran. Archa terpendam di kedalaman tanah 30 centimeter dengan posisi telungkup dalam kondisi baik atau relatif utuh.

"Saat sekitar pukul 07.30 warga bersih-bersih makam, Andi dan Wiji menggali tanah di lokasi pemakaman  untuk digunakan pembuangan sampah. Cangkul mengantuk batu begitu diteruskan rupanya arca Ganesha," kata Waluyo.

Dikatakan temuan arca itu berjarak kurang lebih 5 meteran dari temuan sebelumnya, yang kemudian hilang. Archa itu kali pertama ditemukan pada 12 Februari lalu saat warga membuat makam. Namun pagi harinya diketahui hilang ketika akan diperiksa Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.  

Dikemukakan, seorang perangkat Desa Muntung, Sugito, lantas melaporkan temuan itu pada kepolisian dan Dinas Kebudaayaan dan Pariwisata Kabupaten Temanggung. " Polsek Candiroto sudah mengamankan arca. Sekarang arca berada di Mapolsek Candiroto," katanya.

Kanit Reskrim Polsek Candiroto Aiptu Ismanto mengatakan arca yang ditemukan warga berdasar pemeriksaan identik dengan arca yang hilang Februari lalu. Kepolisian sudah melaporkan temuan itu pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, dan Balai Arkeologi. "Kami masih mendalami temuan arca itu, apakah arca sengaja di pendam lagi oleh seseorang untuk pengamanan atau ada hal lain," katanya. (Osy)
 

BERITA REKOMENDASI