Bhiku Nepal Kunjungi Omah Mbudur

MAGELANG (KRjogja.com) – Dalam rangka observasi budaya dan seni masyarakat di kawasan Candi Borobudur, empat orang Bhiku dari Nepal ditemani 10 orang perwakilan pengurus Walubi, mengunjungi Omah Mbudur dan Galery Lidia Art di Desa Wanurejo. 

Sebelumnya, mereka sangat terkesan dengan keharmonisan dan sikap 'tepo sapiro' masyarakat diwilayah ini. Tak hanya itu, mereka juga kagum akan sikap masyarakat dalam menjaga toleransi dan warisan budaya leluhur dan harmonisasinya dengan alam.

"Kehidupan seni dan budaya masyarakat disini (Borobudur, red), membuat mereka terkesan. Inilah yang membuat mereka kagum dan melakukan observasi ini. Mereka berpesan, agar hal ini dijaga dan lestarikan. Apalagi mereka tinggal disekitar Candi Borobudur yang merupakan mahakarya peninggalan leluhur yang telah diakui Unesco," kata Hady, salah satu pengurus Walubi, Jumat (04/11/2016).

Sementara Nuryanto, salah satu penggiat Pariwisata Kabupaten Magelang yang juga pemilik Omah Mbudur itu, mengaku bangga dan senang, tempatnya dijadikan salah satu lokasi observasi. "Sebuah kebanggaan tentunya untuk kami. Meski di pedesaan, namun para Bhiku dari Nepal bersedia makan dan minum serta merasakan kehidupan ala desa, meski hanya sebentar," akuinya bangga.  (Bag)

BERITA REKOMENDASI