Binda Jateng, Kembali Gelar Vaksinasi Anak

Editor: Ivan Aditya

MAGELANG, KRJOGJA.com – Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Jawa Tengah, Senin (24/01/2022) kembali menyelenggarakan vaksinasi masal anak atau pelajar usia 6 – 11 tahun dan masyarakat secara ‘door to door’ serta vaksinasi booster di sepuluh wilayah Kabupaten maupun Kota di Provinsi Jateng. Meliputi, Kabupaten Magelang, Kabumen, Brenes, Tegal, Purbalingga, Banyumas, Pati, Grobogan, Boyolali dan Kota Semarang. Adapun target peserta vaksin dalam kesempatan ini sebanyak 13.000 sasaran.

“Untuk jenis vaksin yang kami pergunakan, yaitu jenis sinovac yang telah mendapatkan ijin dari BPOM dan aman dipergunakan bagi anak atau pelajar usia 6 – 11 tahun. Sementara untuk masyarakat secara ‘door to door’ serta vaksinasi booster menggunakan vaksin yang tersedia dari Dinas Kesehatan,” kata Kepala Binda Jateng, Brigjen TNI Sondi Siswanto disela-sela memantau pelaksanaan vaksinasi.

Dalam kesempatan ini, Binda Jateng mendirikan sebanyak 11 sentra vaksinasi di 10 kabupaten/Kota. Adapun wilayah dengan pelaksanaan vaksinasi masyarakat ‘door to door’, meliputi Kabupaten Magelang, Kebumen, Banyumas dan Grobogan.

“Sementara untuk vaksinasi anak atau pelajar, kami laksanakan di Brebes, Tegal, Pati dan Boyolali. Untuk vaksinasi booster, hari ini kami selenggarakan di Kabupaten Purbalingga dengan target 1.600 orang. Vaksinasi booster juga kami lakukan di Kota Semarang dengan taget peserta 200 orang, dan dilokasi terpisah di kota semarang kami juga selenggarakan vaksinasi anak atau pelajar dengan target peserta 800 sasaran,” jelasnya.

Disampaikan juga, jika vaksinasi warga secara ‘door to door’ selama ini telah terbukti meningkatkan partisipasi warga yang akan divaksin. Selain mendirikan sentra vaksinasi, pihaknya bersama dengan tenaga Kesehatan juga melakukan jemput bola bagi warga yang tidak hadir ke sentra vaksinasi.

“Konsep door to door ini, sangat membantu warga terutama yang memiliki keterbatasan menuju ke sentra-sentra vaksin, sehingga mereka dapat tervaksin,” ungkapnya.

Perlu diketahui, Binda Jateng telah memulai melaksanakan vaksin sejak Juli 2021 yang dimulai di Kota Semarang dengan target pelajar SMP-SMA dan masyarakat secara door to door.

“Dalam perjalanannya, vaksinasi kami laksanakan di seluruh kab/kota se jawa tengah serta mulai menyasar anak pelajar dan booster. Adapun capaian vaksin yang telah kami laksanakan hingga saat ini, telah mencapai sekitar 300.000 dosis vaksin. Seluruh upaya vaksinasi ini, bertujuan agar varian baru covid 19 tidak menyebar di Jawa Tengah,” katanya.

Sementara Camat Mertoyudan, Kabupaten Magelang, Umar Singgih mengapresiasi vaksinasi anak yang dilaksanakan Binda Jateng di wilayahnya, yang dipusatkan di Balai Desa Jogonegoro, Senin (24/1/2022). Dalam kegiatan ini, melibatkan 9 sekolah di Desa Jogonegoro dan Kalinegoro.

“Kami apresiasi vaksinasi yang dilakukan Binda Jateng hari ini. Target diikuti sekitar 1400 anak, berasal dari sembilan sekolah dasar di Desa Jogonegoro dan Kalinegoro,” imbuhnya. (Bag)

BERITA REKOMENDASI