Binda Jateng Target Vaksinasi 10 Ribu Jiwa di Akhir Pekan

Editor: Agus Sigit

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Sebanyak sepuluh ribu jiwa menjadi sasaran vaksinasi covid-19 Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Jateng, Sabtu (22/1). Penyelenggaraan vaksinasi tersebut dengan sasaran utama booster untuk lansia, selain pelajar usia 6 -11 tahun dan masyarakat luas.

Kepala Binda Jateng Brigjen Sondi Siswato disela pemantauan vaksinasi mengatakan vaksinasi pada akhir pekan tersebut digelar secara serentak di 9 kabupaten kota di Jateng. Daerah tersebut yakni Kabupaten Banyumas, Banjarnegara, Brebes, Tegal, Magelang, Temanggung, Semarang, Pati dan Kota Tegal.

“Hasil pantauan rupanya peserta akan melebihi target. Di Temanggung misalnya dari target 700 jiwa dimungkinkan akan melebihi. Warga masih banyak yang antre. Jika kekurangan akan diambilkan vaksin kembali,” kata Brigjen Sondi Siswato.

Disampaikan Binda Jateng pada vaksinasi kali ini mendirikan sebanyak 10 sentra vaksinasi di 9 kabupaten. Vaksinasi meliputi suntikan pertama, kedua dan ketiga atau booster. Suntikan pertama diantaranya pada lansia.

Binda Jateng, katanya juga digelar door to door. Adapun wilayah dengan pelaksanaan vaksinasi masyarakat door to door di Kabupaten Banyumas, Tegal dan Magelang. Sedangkan vaksinasi anak pelajar dan masyarakat secara door to door dilaksanakan di Banjarnegara.

Disampaikan vaksinasi anak pelajar dilaksanakan di Kabupaten Brebes, Kota Tegal dan Kabupten Pati. Sementara vaksinasi booster dan vaksinasi masyarakat secara door to door dilaksanakan di Temanggung dan Semarang

Dikatakan Binda dalam penyelenggaraan vaksinasi selalu berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat. Sebab mereka yang pemangku daerah. Hasil dari vaksinasi akan meningkatkan capaian dan dirasakan warga kabupaten setempat.

Menurutnya vaksinasi warga secara door to door selama ini telah terbukti meningkatkan partisipasi warga yang akan divaksin. Selain mendirikan sentra vaksinasi, Binda Jateng bersama dengan tenaga Kesehatan juga melakukan jemput bola atau door to door warga yang tidak hadir ke sentra vaksinasi.
“Konsep door to door ini, sangat membantu warga terutama yang memiliki keterbatasan menuju ke sentra-sentra vaksin, sehingga mereka dapat tervaksin,” kata dia.

Binda Jateng, katanya gencarkan vaksinasi booster yang merupakan amanat presiden Republik Indonesia Joko Widodo dengan harapan masyarakat tahan dengan ancaman mutasi Covid-19.

Binda Jateng katanya sejak Juli 2021 telah memberikan vaksinasi sekitar 300.000 dosis vaksin. “Kedepan target vaksinasi akan semakin banyak terlebih adanya vaksinasi booster dan anak pelajar usia 6 – 11 tahun,” kata dia.

Dikatakan bersamaan dengan vaksinasi Binda Jateng juga melakukan edukasi protokol kesehatan kepada anak dan pelajar dan masyarakat yang divaksin. “Selain vaksinasi dan mengkonsumsi makanan yang baik, untuk mencegah paparan Covid-19, warga harus menerapkan protokol kesehatan,”kata dia. (Osy)

 

BERITA REKOMENDASI