Binda Jateng Vaksinasi 19 Ribu Siswa

Editor: Ivan Aditya

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Jawa Tengah memberikan vaksinasi massal dan booster pada 19 ribu siswa dan masyarakat umum di provinsi Jateng, dua ribu diantaranya di Temanggung, Kamis (20/01/2022).

Vaksinasi di Kabupaten Temanggung dipusatkan di Taman Bambu Runcing Parakan dan ditinjau langsung Bupati Al Khadziq. Puluhan tenaga medis dari Puskesmas Parakan dan RS PKU Muhammadiyah dikerahkan untuk vaksinasi.

Guna menarik minat anak-anak mengikuti vaksinasi, pada vaksinasi itu didatangkan tokoh ‘super hero’ seperti Spyderman, Hulk dan Kapten Amerika. Guru dan petugas juga mengajak anak-anak bermain sehingga anak-anak tersebut tidak takut saat divaksin.

Kepala Binda Jateng Brigjen TNI Sondi Siswanto, S.H, M.M mengatakan vaksinasi massal dikonsentrasikan pada siswa umur 6 – 11 tahun, selain itu pada remaja dan masyarakat umum.

“Vaksinasi serentak di 13 kabupaten di Jateng, untuk itu kami mendirikan 18 sentra vaksinasi, “kata Sondi Siswanto disela pemantauan vaksinasi.

Sondi mengatakan vaksinasi pada anak umur 6-11 tahun menggunakan Sinovak, sementara pada masyarakat umum disesuaikan dengan ketersediaan di Dinas Kesehatan setempat.

Vaksinasi pada masyarakat umum, kata dia, selain di sentra vaksinasi juga secara door to door. Vaksinasi ini dilakukan di Kabupaten Banyumas, Purworejo dan Magelang.

Dikatakan vaksinasi anak dan pelajar dilaksanakan di Kabupaten Temanggung, Rembang, Pekalongan, Brebes, Boyolali, Batang, Tegal, Pati dan Banjarnegara. “Pelaksanaan vaksinasi booster dilaksanakan di Sukoharjo dan Pati,” kata dia.

Dia menerangkan perlunya vaksinasi terutama pada anak sebab rentan tertular virus corona. Dukungan orang tua dan seluruh pihak seperti guru sangat diperlukan untuk suksesnya pelaksanaan vaksinasi anak/pelajar usia 6-11 tahun.

“Kami berharap orang tua siswa semakin memahami pentingnya vaksinasi untuk anak mereka ditengah pandemi saat ini,” kata dia.

Bupati Kabupaten Temanggung Al Khadziq menyampaikan apresiasi yang tinggi atas vaksinasi yang dilakukan Binda Jateng di Temanggung. Orang tua dan siswa juga antusias mengikutinya. “Vaksinasi yang dilakukan BIN Jateng target 2000 siswa. Namun berdasar data ada 1700 siswa,” kata dia.

Dia mengatakan vaksinasi oleh BIN Jateng di Temanggung telah mampu mempercepat capaian vaksinasi di Temanggung, baik untuk anak-anak, orang dewasa, kelompok rentan dan capaian suntikan ke tiga atau booster. “Kami berharap BIN dapat senantiasa terlibat dalam vaksinasi Covid-19 di Temanggung, ” kata dia. (Osy)

BERITA REKOMENDASI