Bisnis Masker dan Aksesoris Menjadi Peluang UMKM

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Musim pandemi covid-19 nyata telah memporakporandakan kehidupan usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kabupaten Purworejo. Bahkan tidak sedikit diantaranya UMKM berhenti berproduksi karena kesulitan pasar.

“Disamping kesulian pasar, para pelaku UMKM juga kesulitan mendapatkan bahan baku,” kata Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Purworejo Drs Bambang Susuilo, Sabtu (26/9).

Hanya saja menurut Bambang Susilo, di tengah pandemi ini juga ada peluang bagus untuk UMKM, terutama setelah ada pesanan masker dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Panowo. “Dalam situasi pandemi covid, sektor usaha utamanya UMKM mengalami kesulitan. Tapi adanya bantuan untuk UMKM, seperti pesanan pembuatan masker 100 ribu, bantuan bahan baku pembuatan kue dan bantuan Jaring Pengaman Ekonomi (JPE) berupa bantuan modal non tunai sangat membantu,” paparnya.

Pada prinsipnya lanjut Bambang Susilo, bantuan untuk UMKM sudah didata secara jelas, sehingga satu UMKM hanya boleh menerima satu jenis bantuan. “Tidak boleh dobel karena ini sistimnya pemerataan,” jelas dalam Silaturahmi Kelompok UMKM Pembuat Masker di Pusat Kopwan Srikandi Desa Wonoroto Purworejo.

BERITA REKOMENDASI