BKD Akan Beralih Status Menjadi BPR

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO (KRjogja.com) – Lembaga Badan Kredit Desa (BKD) sebagai lembaga jasa keuangan yang tersebar di hampir seluruh desa di Kabupaten Purworejo harus segera beralih status menjadi Bank Perkreditan Rakyat (BPR). Menyusul adanya peraturan dan surat edaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tentang pemenuhan kententuan dan tarnsformasi BKD yang diberikan status sebagai BPR.

 

“Jika tidak mampu memenuhi syarat untuk menajdi BPR, maka harus segera menentukan pilihan untuk menjadi Bumdes, koperasi, ataupun Lembaga Keuangan Mikro (LKM),” kata Deputi Direktur Pengawasan LKJ 3 dan Perizinan OJK (POJK) RI 3 Jawa Tengah dan DIY Rusly Albas, Kamis (8/9).

Dalam sosialisasi peraturan dan surat edaran OJK tentang pemenuhan ketentuan BPR dan tarnsformasi BKD yang diberikan status sebagai BPR di Ruang Arhiwang Kantor Bupati Purworejo Rusly Albas menjelaskan, didalam POJK salah satunya BKD wajib memenuhi ketentuan BPR. Diantaranya mencakup kelembagaan, prinsip kehati-hatian, pelaporan dan transparansi keuangan serta penerapan standar akuntansi paling lamabat akhir Desember 2019. “Bagi BKD yang berdasarkan pertimbangannya tidak dapat memenuhi ketentuan BPR, dapat segera memilih untuk merubah status,” jelasnya. (Nar)

Sosialisasi OJK di Purworejo. (Foto: Gunarwan)

 

BERITA REKOMENDASI