BMKG Evaluasi Peta Tsunami Purworejo

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengevaluasi peta potensi tsunami di Kabupaten Purworejo. Kepala BMKG Prof Ir Dwikorita Karnawati MSc PhD turun langsung mengevaluasi peta jalur evakuasi di Desa Gedangan Kecamatan Purwodadi, Rabu (6/10/2021).

Dwikorita hadir di sela kegiatan Sekolah Lapang Gempa Bumi yang diselenggarakan BMKG di desa tersebut. Sekolah lapang itu diikuti 52 elemen masyarakat yang tinggal di kawasan rawan tsunami.

Dwikorita mengatakan, evaluasi tersebut penting dilakukan mengingat tingginya potensi gempa bumi yang memicu tsunami di pesisir selatan Pulau Jawa. “Kita evaluasi peta yang sudah ada, kita mencari tempat evakuasi sementara yang aman dan dijangkau kurang dari satu jam,” ungkapnya kepada KRJOGJA.com, di sela evaluasi.

Dwikorita memimpin evaluasi, diawali dari tepi pantai Desa Gedangan. Pihak BMKG didampingi Asisten III Setda Purworejo Pram Prasetya Achmad dan Kepala Pelaksana BPBD Purworejo Budi Wibowo berjalan dari garis pantai menuju tempat evakuasi sementara di kompleks makam Desa Gedangan. Mereka menghitung waktu tempuh hingga ketinggian tanah.

BERITA REKOMENDASI