BMKG Ramalkan Seminggu Kedepan Cuaca Ekstrim

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO (KRjogja.com) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purworejo mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai potensi bencana di sekitar permukiman mereka. BMKG memprediksi cuaca ekstrim diperkirakan akan terjadi di Purworejo dalam seminggu kedepan.

Sedikitnya 20 jiwa penduduk Dusun Pakel Desa Mayungsari Kecamatan Bener menjadi yang paling terancam bencana susulan. "Mereka tinggal di enam rumah, dimana lokasinya sangat rawan longsor. Puluhan jiwa terancam itu kami minta mengungsi apabila turun hujan deras," tutur Drs Boedi Hardjono, Kepala BPBD Purworejo kepada KRjogja.com, Jumat (11/11/2016).

Kewaspadaan, katanya, juga bisa dilakukan dengan mengurangi potensi bencana seperti membuat drainase di lereng bukit. Selain itu warga diminta menutup rekahan tanah yang muncul di lereng untuk mencegah air mengalir ke dalamnya.

Ditambahkan, penanganan bencana longsor yang merusak 15 rumah di Mayungsari, Medono, Jati dan Pekacangan hampir selesai. Sejumlah akses jalan tertimbun tanah berhasil dibuka dua alat berat BPBD, sedangkan warga dibantu relawan bencana, TNI dan Polri menyelesaikan perbaikan belasan rumah. (Jas)

BERITA REKOMENDASI