BNN Magelang Gandeng LP Magelang Sosialisasi P4GN Hingga Saling Tukar Informasi

Editor: KRjogja/Gus

MAGELANG, KRJogja.com – Kegiatan inspeksi mendadak (sidak) dan pemeriksaan atau tes urine terhadap beberapa warga binaan atau napi dilaksanakan tim gabungan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Magelang dan Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas IIA Magelang, Selasa (23/3/2021).

Sebelumnya, di LP Kelas IIA Magelang juga dilakukan penandatanganan perjanjian kerjasama antara BNN Kabupaten Magelang dengan LP Kelas IIA Magelang mengenai pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan peredaran gelap narkotika (P4GN) dan prekusor narkotika. Penandatanganan naskah perjanjian kerjasama dengan lakukan Kepala LP Kelas IIA Magelang Satriyo Waluyo BcIP SH MSi dengan Kepala BNN Kabupaten Magelang AKBP Catharina SM SSos.

Sebelum dilakukan penggeledahan, Kepala BNN Kabupaten Magelang yang didampingi Kepala KPLP Magelang Fauzen Amd IP, Kasi Pemberantasan BNN Kabupaten Magelang Kompol Eko Sumbodo SSos MM maupun lainnya memberikan penjelasan kepada warga binaan yang berada di dalam ruangannya. Beberapa saat kemudian satu per satu warga keluar dari ruangan untuk dilakukan proses penggeledahan, baik terhadap diri warga binaan maupun keberadaan ruangannya, untuk petugas BNN Kabupaten Magelang dan LP Kelas IIA Magelang.

Kepada KRJogja.com, Kepala BNN Kabupaten Magelang diantaranya mengatakan kerjasama ini diantaranya berkaitan dengan sosialisasi P4GN, untuk rehabilitasi, saling menukar informasi tentang kriminalitas narkoba dan juga untuk keperluan penyidikan. Dari langkah ini semua diharapkan nantinya ada deteksi dini, tes urine warga binaan atau penghuni LP, juga para pegawainya.

Sedang Kepala LP Kelas IIA Magelang secara terpisah kepada KRJogja.com mengatakan pihaknya akan bekerjasama terus dengan BNN, yang juga ada keperluan untuk proses rehabilitasi narapidana kasus narkoba, baik yang rehabilitasi medis maupun sosial. Di awal Bulan April 2021 mendatang di LP Kelas IIA Magelang sudah dimulai kegiatan rehabilitasi tersebut. (Tha)

 

BERITA REKOMENDASI